Close

IRT Ajak Suami Baru Embat Motor Mantan Mertua di Kecamatan Lubuk Begalung, Diam-diam Duplikatkan Kunci Sebelum Cerai, Tak Sadar Aksinya Terekam CCTV

CURI MOTOR— Pasutri Indra Gunawan (32) dan Ria Aprilia (30) yang mencuri sepeda motor ditangkap jajaran Polsek Lubuk Begalung.

PADANG, METRO–Miris. Pasangan suami istri (pasutri) kerja sama melakukan pencurian sepeda motor Honda Scoopy di kawasan Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg). Pa­rahnya lagi, motor yang mereka curi merupakan milik dari man­tan mertua sang istri.

Namun, aksi pasutri bernama Indra Gunawan (32) dan Ria Aprilia (30) terungkap lantaran mereka tak sadar jika di rumah mantan mertuanya ter­nyata terpasang kamera CCTV. Alhasil, Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Lubeg yang menerima laporan dari korban, mudah untuk mengungkap identitas ke­dua pelaku.

Tak butuh waktu lama, pada Selasa (13/9), pasutri yang kompak melakukan kejahatan itu ditangkap saat berada di rumah kontrakannya di Maransi, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang. Di rumah kontrakan itu, Polisi juga menemukan sepeda motor hasil curiannya.

Kapolsek Lubuk Begalung Kompol Harry Mariza Putra menjelaskan, pe­nangkapan dilakukan setelah pihaknya mendapat laporan, bahwa motor mi­lik korban ini dicuri oleh mantan menantunya saat diparkir di teras rumah. Hal itu dibuktikan dengan ada­nya rekaman CCTV.

“Tim Phyton langsung bergerak dan mencari keberadaan kedua pelaku. Setelah penelusuran di lapangan, pasutri ini dike­tahui berada di kawasan Maransi, di sebuah rumah kontrakan. Keduanya berhasil ditangkap dan juga sepeda motor yang dicu­rinya,” ungkap Kompol Harry Mariza Putra.

Dijelaskan Kompol Harry Mariza Putra, sang istri yang berstatus ibu rumah tangga (IRT) ini mengaku bahwa motor yang dicuri itu punya mantan mertua. Sebelum resmi bercerai dengan mantan suaminya, motor tersebut dipakai oleh mantan suaminya dan diam-diam ia membuat kunci duplikat.

“Ketika bercerai, mantan suaminya meminta kunci duplikat yang oleh pelaku Ria Aprilia. Tetapi, ketika itu, pelaku Ria Apri­lia mengaku jika kunci motor yang diduplikatnya itu sudah hilang,” ungkap Kom­­pol Harry Mariza Putra.

Dikatakan Kompol Harry Mariza Putra, setelah pelaku Ria Aprilia menikah lagi, ia selanjutnya mengajak suami barunya Indra Gunawan untuk mencuri motor milik mantan mertuanya itu. Berbekal kunci duplikat itulah, pasutri itu mendatangi rumah korban dan dengan mudah me­ngambil sepeda motor milik korban.

“Tetapi, pasutri itu tak sadar kalau di sana ada CCTV. Sehingga, aksi me­reka itu terekam jelas. Berbekal rekaman CCTV itulah, Tim Phyton mudah untuk melacak keberadaan pelaku hingga ditangkap tanpa perlawanan,” ujar Kompol Harry Mariza Putra.

Setelah ditangkap, ditegaskan Kompol Harry Mariza Putra, pasutri bersama barang bukti satu unit Honda Scoopy hasil curiannya itu dibawa ke Mapolsek Lubeg. Saat ini, pasutri itu sudah ditetapkan tersangka dan ditahan.

“Atas perbuatannya itu, kedua pelaku dijerat pasal 363 KHUP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya di atas lima tahun kurungan penjara,” pungkasnya. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top