Close

Irjen Pol Suharyono : Saat Melayani, Tempatkan Diri di Bawah Masyarakat

Irjen Pol Suharoyono Kapolda Sumbar.

PADANG, METRO–Kapolda Sumatra Barat (Sumbar) yang baru menjabat, Irjen Pol Suharyono meminta jajarannya tidak berbohong. Sebab, betapapun cepat larinya kebohongan, kejujuran akan menyalip.

“Kemudian, janganlah merasa ketakutan, karena sesungguhnya ketakutan itu akan merampas semua kemampuan yang dimiliki.  Marilah bersama-sama kita bekerja, bekerja bersama-sama dengan ikh­las. Demi pengabdian kepa­da masyarakat dan negara,” kata Irjen Pol Suharyono di hadapan Pe­jabat Utama Pol­da, Ka­polres, dan jajarannya di Mapolda Sumbar.

Dalam menjalankan tu­gas, Irjen Pol Suharyono meminta seluruh perso­nelnya menerapkan 5 cek dalam menjalankan tugas.  “Cek, ricek, krosscek, last­cek, dan final cek,” sebut Irjen Suharyono.

Irjen Pol Suharyono meminta semua anggota kepolisian di Sumbar untuk menempatkan diri di ba­wah masyarakat saat melayani masyarakat, untuk membangun kepercayaan.

“Di saat kita bermitra, tempatkan diri kita selevel dengan mitra kita (partnership building). Dan saat penegakkan hukum, tempatkan diri kita satu klik di atas yang kita tegakkan (Penegakan hukum),” jelas Suharyono.

Jenderal bintang dua itu memberikan kesimpulan bahwa di manapun berada, apapun pangkat dan jabatan, fungsi apapun dan seterusnya selalu ingatlah kepada Yang Maha Kuasa dan syukuri nikmat yang ada.

“Jangan sekali-kali ka­mu merasa puas, sesungguhnya kepuasan itu adalah awal dari ketidaktahuan,” jelas Suharyono

Suharyono sebelumnya bertugas di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan menggantikan Irjen Pol Teddy Minahasa. Sebelumnya Kapolri mengeluarkan telegram untuk Irjen Pol Rusdi Hartono sebagai Kapolda Sumbar menggantikan Irjen Teddy.

Namun setelah Irjen Teddy terjerat masalah hukum, Kapolri mengganti Suharyono sebagai Kapolda Sumbar dan Rusdi diperintahkan sebagai Ka­polda Jambi. (rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top