Close

Integrasikan Intermoda Darat, Kereta Api, Laut dan Udara, Dukungan APBN hampir Rp1 Triliun untuk Perhubungan di Sumbar

FOTO BERSAMA—Kepala Dishub Sumbar, Heri Nofiardi kompak bersama Pimpinan Insan Perhubungan se-Sumbar dan BUMN saat Peringatan Harhubnas, Minggu (18/9) di halaman kantor Dishub Sumbar.

PADANG, METRO–Tahun 2022 ini cukup banyak pembangunan sek­tor perhubungan di Pro­vinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang dilaksanakan dalam upaya mengintegrasikan intermoda da­rat, laut, udara dan kereta api. Kepala Dinas Perhu­bungan (Dishub) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Heri Nofiardi mengatakan, di sisi laut, pembangunan Teluk Tapang di Kabupaten Pasaman Ba­rat (Pasbar) yang sudah dirancang beberapa ta­hun lalu, sudah mulai be­roperasi.

“Pelabuhan Teluk Ta­pang sudah beroperasi. Tinggal lagi pembangunan jalan ke pelabuhan yang saat ini sudah proses tender. Ditargetkan tahun 2023 pembangunan jalan selesai. Sehingga tambang dan CPO yang diekspor melalui Teluk Bayur bisa melalui Pelabuhan Teluk Ta­pang,” ungkap Heri, di sela-sela peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2022, Minggu (18/9) di Kantor Dishub Sumbar.

Termasuk juga pembangunan Pelabuhan Panasahan di Painan Kabupa­ten Pesisir Selatan (Pessel). Heri mengungkapkan, di akhir tahun 2022 ini, Sumbar sudah mulai ekspor batu bara melalui pelabuhan ini. “Otomatis tambang lainnya selain batu bara dan CPO juga sudah bisa diekspor melalui Pelabuhan Panasahan,” terang Heri.  Dampak beropera­sinya Pelabuhan Panasa­han ini menurut Heri sa­ngat besar. Di mana, akan me­ngurangi angkutan ba­rang di jalan raya menuju Kota Padang. Sehingga akan mengurangi kema­cetan, penghematan BBM dan me­mangkas waktu jarak tempuh.  “Juga ber­dam­pak akan mengurangi cost (biaya) distribusi ekspor impor. Makin kecil biaya cost transportasi, ma­ka akan makin besar ke­untu­ngan diperoleh,” te­rang­nya.

Dari sisi kereta api, Heri menyebutkan, tahun ini pemerintah menyediakan anggaran yang cukup besar mencapai Rp300 miliar untuk revitalisasi dan penutupan perlinta­san liar di Sumbar.  “Perlintasan liar ini ditutup lalu kita ganti dengan memba­ngun jalan kolektor dan inspeksi. Se­hingga masya­rakat nanti tidak semau­nya saja melintasi perli­n­tasan sebidang yang mem­bahayakan keselamatan,” terangnya.

Termasuk juga pening­katan revitalisasi jalur rel kereta api ke Pauh V. Se­hingga, kereta api dari Pariaman bisa langsung ke stasiun Pauh V dan juga kereta api dari Kayu Ta­nam juga bisa langsung ke stasiun di Pulau Air. Beri­kut­nya, di sisi darat, saat ini Terminal Anak Air di Kota Padang juga sudah bero­perasi. Tinggal lagi melengkapi perlengkapannya dan pelebaran akses jalan di depan terminal. Dengan adanya terminal termegah di Sumbar ini, maka semua kendaraan angkutan pe­numpang umum tidak lagi masuk ke Kota Padang.  “Angkutan penumpang ini mereka akan berkumpul di Terminal Anak Air dan untuk transportasi warga ke terminal akan diintegrasikan dengan Bus Trans Pa­dang dan kereta api. Karena juga beberapa stasiun kereta api yang dikem­bang­kan. Seperti, Stasiun di Alai dan depan Basko Hotel yang akan diperbesar,” ungkapnya.  “De­ngan se­jumlah pemba­ngunan sektor perhubu­ngan yang dilaksanakan tahun ini, secara integrasi, antara u­dara, kereta api, darat dan laut ada konektivitas di Sumbar,” tambahnya.

Termasuk juga di Kabupaten Kepulauan Menta­wai. Tahun ini juga pembangunan Bandara Rokot ditargetkan selesai dan bisa dilalui dan disinggahi pesawat. Kehadiran bandara ini juga membantu konektivitas ke Kepulauan Mentawai.  “Termasuk Dermaga Tuapejat di Kepulauan Mentawai yang saat ini dilakukan pembangunan pe­lebaran dermaga. Jadi semua sudah terintegrasi,” terang Heri.  Semua pembangunan yang dilaksa­nakan ini menurut Heri tidak terlepas dari duku­ngan pemerintah pusat melalui APBN yang cukup besar hampir mendekati Rp1 tri­liun ke Sumbar. De­ngan dukungan APBN yang besar ini sangat membantu perputaran uang di Sum­bar dan membuka la­pangan pekerjaan. “Se­hingga eko­nomi masya­rakat mengeliat, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan ma­syara­kat,” ha­rapnya.(fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top