Close

Intan Bano Tebar Ikan Bauang dan Gariang di Sungai Bendungan Nagari Pagaruyung

TEBAR BENIH IKAN— Arkadius Dt. Intan Bano melepas benih ikan Gariang dan Bauang di perairan umum di Nagari Pagaruyung.

TANAHDATAR, METRO–Didampingi anggota DPRD Tanah­datar Dra. Donna, Arkadius Dt. Intan Bano anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat melepas seba­nyak 213.650 benih ikan gariang dan bauang di Sungai Bendungan Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanahdatar, Kamis (27/8). “Potensi perairan umum sangat menjanjikan untuk peningkatan perekonomian ma­syarakat, makanya kami membantu bibit ikan untuk masyarakat Pagaruyung,” kata Intan Bano.

Dirinya meminta masyarakat setempat untuk menjaga dan merawat benih ikan tersebut hingga tiba musim panen. “Tolong dirawat dan jaga dengan baik benih ikan ini de­ngan baik,” harapnya.

Disebutkan, ikan bauang dan gariang ini harganya cukup tinggi dipasaran. Enam bulan ke depan ikan ini baru bisa dipanen.

Dengan jumlah bibit ikan yang kita tebar hari ini, dalam enam bulan ke depan akan menghasilkan ikan sebanyak kurang lebih seba­nyak 105 ton, ucap Intan Bano. “Sebagai contoh di Lubuak Tarantang, Kabupaten Sijunjung, dalam usia enam bulan ikan ini sudah mencapai 2 ekor sekilo,” katanya.

Ia minta masyarakat setempat untuk mencari ikan di sungai ini, untuk menggunakan alat yang ramah lingkungan. Kegiatan melepas benih ikan ini dilaksanakan Arka­dius Dt Intan Bano dari Fraksi Demokrat Provinsi Sumbar, dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat di dapil IV  Sumbar yakni Padang Panjang, Tanahdatar, Sawah Lunto dan Dharmasraya.

Kegiatan tersebut dihadiri puluhan masyarakat setempat serta dari dinas Pangan Perikanan Kabupaten Tanahdatar dan Dinas Kelautan Provinsi Sumatera Barat. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top