Menu

Inovasi Disdukcapil Pasaman dan Kemenag, Usai Nikah, Warga Langsung dapat KK

  Dibaca : 191 kali
Inovasi Disdukcapil Pasaman dan Kemenag, Usai Nikah, Warga Langsung dapat KK
Ilustrasi Ijab Kabul (Doc. alkhoirot.net)

PASAMAN, METRO – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pasaman gandeng Kemenag Pasaman untuk memudahkan masyarakat melangsungkan pernikahan. Inovasi yang dilahirkan dua stakeholder terkait tersebut yakni, setelah masyarakat melangsungkan pernikahan, mereka langsung mempunyai Kartu Keluarga (KK) tersendiri.

“Pengurusan KK langsung tunai, tanpa antre atau mengurus di kemudian hari,” kata Kadisdukcapil Pasaman, Sukardi.

Dia mengatakan, selama ini pasangan yang baru menikah terlihat malas membuat Kartu Keluarga (KK). Ini karena rasa belum peduli tertib administrasi dan menganggap KK hanya sebagai pelengkap.

“Kalau sudah terdesak keperluan kredit atau hal-hal yang memerlukan KK, baru kocar-kacir mengurus. Ini adalah pemikiran yang salah. Sekarang kami beri kemudahan,” kata Sukardi.

Diakui Sukardi, inovasi itu diberi nama pelayanan Simkah Siak. Alias pengintegrasian sistem informasi nikah dengan sistim informasi administrasi kependudukan.

Dalam persyaratannya ungkap Sukardi, terdapat beberapa dokumen yang harus dilengkapi. Semuanya sudah terintegrasi saat mengurus adminitrasi pernikahan.

“Jadi, tunggu apalagi, bagi yang belum menikah namun sudah punya pasangan, segera halalkan. Banyak dapat manfaat dan kemudahan. Bagi yang belum punya pasangan, cari dulu,” kata Sukardi. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional