Close

Inggris vs Iran, Duel Panas Beraroma Politik…, The Three Lions bakal Dihadang Team Melli

Timnas Inggris akan menghadapi Timnas Iran di Khalifa International Stadium Qatar pada matchday 1 Grup B Piala Dunia 2022. Pertan­dingan ini dijadwalkan kick-off Senin   (21/11) malam pukul 20:00 WIB.

Terlepas dari rapor di luar sana yang bertolak belakang, laga dua tim ini tetap jadi partai menarik karena hubungan politik kedua negara saat ini te­ngah memanas.

Permusuhan kedua ne­gara ini sudah berlangsung sejak lama, seiring kebe­ranian Iran menentang kekuatan Inggris dan se­kutunya Amerika Serikat di dunia.

Kita harus kembali ke lapangan hijau. Di atas kertas, Inggris lebih difavoritkan. Namun, laga pertama melawan wakil dari benua Asia ini sepertinya tidak bakal mudah bagi mereka.

Tim Inggris yang berjulukan The Three Lions berharap pada pertandingan itu bisa membangun supremasi awal untuk menjaga asa agar bisa lolos di fase grup.

Dari segi performa, Ing­gris kurang meyakinkan. Runner-up Euro 2020 ini tanpa satu pun keme­nangan dalam enam laga terakhirnya. Itu juga yang membuat tim polesan Gareth Southgate tersebut terdegradasi dari UEFA Nations League A.

Sebaliknya, Iran me­nunjukkan permainan yang menjanjikan dalam tiga uji coba terakhir mereka. Iran mengalahkan Uruguay 1-0 lewat gol tunggal Mehdi Taremi, imbang 1-1 dengan Senegal berkat gol Sardar Azmoun, dan terkini gol tunggal Mehdi Torabi memberi mereka kemenangan 1-0 atas Nicaragua.

Inggris memiliki skuad berkualitas yang dihuni pemain-pemain seperti Harry Maguire, Kieran Tripper, Jude Bellingham, Harry Kane, hingga Bukayo Sa­ka. Namun, jika mainnya masih seperti di UEFA Nations League, maka tidak ba­kal mudah ba­gi Inggris untuk bisa mengalahkan Iran.

Tak mau di­bayangi mim­pi buruk tersebut, Inggris ingin bang­kit dan tampil lebih bagus dari saat mereka menjadi juara keempat di Piala Dunia Rusia 2018 silam.

Namun demikian, Inggris tidak akan begitu saja  mengalahkan Iran. Sebab, skuat berjuluk Team Melli itu punya kans untuk merepotkan Harry Kane dkk.

Iran saat ini menduduki peringkat ke-20 di ranking dunia FIFA, tertinggi di Asia. Selain itu, Iran memiliki catatan apik selama dilatih oleh Carlos Queiroz yang kerap mengandalkan skema 4-3-3 atau 4-5-1.

Timnas Iran berhasil memastikan diri lolos Piala Dunia 2022, sete­lah men­jadi Juara grup A kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Iran menang delapan kali, seri sekali dan kalah satu kali di babak kualifikasi terakhir mereka, Iran hanya kalah dan seri satu kali dengan saingan beratnya Korea Selatan.

Dalam 16 laga bersama Queiroz, Iran sanggup mencatatkan 10 kali clean sheet. Iran tercatat hanya kebobolan 10 gol, di mana 6 di antarana terjadi dalam 2 laga, yakni kontra Bosnia & Herzegovina 1-3 (Piala Dunia 2014), lalu Jepang 0-3 (Piala Asia 2-19).

Laga ini bakal berlangsung panas. Dengan ini menjadi pertemuan perdana kedua tim, hasil Inggris vs Iran bisa saja berakhir imbang.

Di pihak Inggris, masih mengandalkan Harry Ka­ne. Striker berusia 30 tahun ini akan kembali dipercaya sebagai ujung tombak utama Timnas Inggris di Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, Kane sukses memegang peran pen­ting sebagai lumbung gol Inggris di Piala Dunia 2018. Meskipun hanya membawa Inggris sampai babak Semifinal, Kane berhasil keluar sebagai top skor Piala Dunia 2018 dengan mencetak enam gol.

Selama membela Timnas Inggris, Ka­ne sudah cetak 51 gol. Kemudian ber­sama Tottenham, terca­tat dia telah membukukan 12 gol dari 15 penampilannya di Liga Inggris 2022/2023.

Sebaliknya, bagi Irandengan absennya Sardar Azmo­und dari skuad Iran karena masih dibekap cedera, lini depan Tim Melli akan dipimpin oleh pemain FC Port, Mehdi Taremi.

Sama seperti Harry Kane, Mehdi Taremi juga termasuk salah satu pencetak gol terbanyak dalam sejarah Timnas Iran. Me­lan­sir  dari Tranfermarkt, Mehdi Taremi bercokol di tempat ketujuh dengan membuat 27 gol dalam 60 kali bertanding.

Taremi kalah da­ri Sar­dar Azmoun yang meru­pa­kan juniornya di Tim­nas Iran. Azmoun yang baru berusia 22 tahun kini telah mengoleksi 41 gol dari 65 pertandingan. (*/rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top