Close

Industri Kecil Rumahan Tingkatkan Kesejahteran Masyarakat di Kota Solok

PELATIHAN— Pelaku usaha kecil dan koperasi saat mengikuti pelatihan yang dilaksanakan Pemko Solok melalui SKPD terkait.

SOLOK, METRO–Wali Kota Solok Zul El­fian menilai pengemba­ngan industri kecil dan rumahan merupakan suatu jalur kegiatan untuk pe­ningkatan kesejahteraan dalam arti tingkat hidup yang lebih maju maupun taraf hidup yang lebih bermutu. Industrialisasi tidak terlepas dari usaha untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) dan kemampuan untuk me­manfaatkan sum­ber daya alam (SDA) serta sumber daya yang lainnya. Dunia industri lanjutnya, sebagai bentuk usaha untuk meningkatkan produktivitas tenaga manusia disertai usaha untuk meluaskan ruang lingkup kegiatan manusia.

“Perkembangan di sektor industri adalah salah satu sasaran pembangu­nan di bidang ekonomi pada sumber daya alam dan sumber daya manusia yang produktif mandiri, maju dan berdaya saing. Karena di bidang ini sektor industri mampu menciptakan lapangan usaha, se­hingga mampu memperluas lapangan kerja, dan pada akhirnya dapat meningkatkan standar kesejahteraan hidup masya­rakat,” ungkap Zul Elfian, kemarin.

Pemko Solok terus berupaya menumbuhkan, Industri skala kecil yang telah terbukti menjadi katup pengamanan perekonomian nasional dan motor pe­mulihan ekonomi pada ta­hun-tahun awal krisis. Pe­laku Industri kecil mene­ngah yang merupakan pe­laku ekonomi utama di Indonesia, namun produktifitasnya yang diukur de­ngan nilai tambah per tenaga kerja sangat jauh ter­tinggal dengan usaha besar.

Salah satu faktor ke­wirausahaan, skala usaha dan pilihan sektor usaha­nya yang relatif tidak tepat, membuat usaha sulit berkembang. Sebagian besar pelaku IKM berada pada sektor yang kurang produktif, serta tidak berbasis iptek.

­Misalnya pertanian ta­naman pangan, sektor perdagangan dan restoran, sehingga produktifitasnya relatif rendah. Untuk itu, upaya pertumbuhan unit usaha baru khususnya u­saha unit ke­cil dan mene­ngah yang berbasis pengetahuan dan teknologi perlu terus didorong dan di­kem­ba­ngan.

Meningkatnya jumlah Pelaku IKM yang berbasis pengetahuan dan teknologi akan meningkatkan pro­duktivitas dan daya saing IKM pada masa mendatang sekaligus meningkatkan daya saing dan daya tahan perekonomian nasional.

Pada saat ini melalui Dinas PKUKM Kota Solok telah melakukan kegiatan-kegiatan berupa pe­ningkatan SDM bagi ke­lompok IKM yang baru tumbuh yang telah ada yaitu berupa pelatihan, pemberian bantuan berupa peralatan usaha, dan melakukan pendampi­ngan yang bekerja­sama dengan perguruan tinggi. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top