Close

Indonesia Perkuat Kerja Sama Antarnegara Cegah Kasus Impor Covid-19

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.

JAKARTA, METRO–Kasus impor Covid-19 menjadi masalah hampir di setiap negara. Karena itu cara mencegahnya adalah dengan memperketat pintu masuk internasional. Pe­me­rintah Indonesia me­lalui Kementerian Luar Ne­geri bekerja sama dengan ke­men­terian/lembaga lain­nya serta pemerintah Si­nga­pura sedang mela­ku­kan pem­bahasan me­nge­nai Vaccinated Travel Lane (VTL) .

Dan tidak menutup ke­mung­kinan adanya kerja sama yang dibangun de­ngan negara lainnya de­ngan tetap mem­pertim­bangkan berbagai hal. Sa­lah satunya dengan syarat sertifikat vaksin.

“Seperti kondisi kasus dan juga aspek sosial-eko­nomi antarnegara,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito secara daring baru-baru ini.

Kerja sama yang dila­kukan pemerintah seperti mutual recognition agreement (MTA) yang terkait dengan pengakuan serti­fikat vaksin dan juga ben­tuk kerjasama lainnya. Se­perti travel corridor ar­range­ment (TCA) dan VTL merupakan upaya pemu­lihan aktivitas masyarakat dengan tetap bertumpu pada kesepakatan atas standar protokol kese­ha­tan yang jelas dan tran­sparan.

“Sehingga peluang im­portasi kasus dapat diantis­i­pasi dengan baik,” kata Prof Wiku.

Di samping itu, hingga 1 November 2021 terdapat 40 dosis vaksin Covid-19 di daerah dan setidaknya sudah 241 juta dosis vaksin di seluruh daerah di tanah air. Jumlah stok ini cukup untuk kebutuhan pelak­sanaan vaksinasi dalam satu bulan ke depan.

Karena laju vaksinasi di Indonesia saat ini men­capai 50 juta dosis dalam 5 minggu. Tingkat inflasi Ok­tober 2021 tetap terkendali dari aspek ekonomi dan stabil. Hal ini terjadi seiring dengan penurunan level PPKM di seluruh daerah.

“Oleh karena itu ma­sya­rakat diminta untuk dapat konsisten men­jalan­kan protokol kesehatan selama menjalankan akti­vitas sehingga ekonomi di tingkat mikro dan makro dapat terus pulih dan tum­buh pesat ke depannya,” kata Prof Wiku. (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top