Menu

Indonesia Corruption Watc (ICW) Sebut Firli Bahuri Sering Berbuat Dosa di KPK

  Dibaca : 243 kali
Indonesia Corruption Watc (ICW) Sebut Firli Bahuri Sering Berbuat Dosa di KPK
JELASKAN—Koordinator Indonesia Corruption Watch atau ICW Kurnia Ramadhana saat menjelaskan kepada para wartawan tentang ketua KPK RI.

JAKARTA, METRO–Indonesia Corruption Watch ­(ICW) menyebut bahwa ada banyak dosa yang diper­buat Komjen Firli Bahuri selama menjabat sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini terungkap saat ICW mendatangi Mabes Polri untuk mengirim surat ke Kapolri terkait permohonan penarikan Komjen Firli. Peneliti ICW Kurnia Ramadhana menga­ta­kan, dari catatan mereka, ada tiga kesalahan fatal dilakukan Firli.

“Pertama pada 2020 pe­ngem­balian paksa Kompol Rossa Purbo Bekti. Lalu kedua kasus pelanggaran etik yang bersangkutan saat mengen­darai helikopter mewah,” ujar Kurnia di Mabes Polri, Selasa (25/5).

Kemudian yang ketiga dan yang paling fatal terkait dengan tes wawasan kebangsaan. Da­lam tes itu, menurut Kurnia ada dua isu penting yang me­reka soroti. “Pertama ada pe­lang­garan hukum karena tidak se­suai dengan peraturan per­undang-undangan.

Kedua ada indikasi pem­bangkangan perintah dari pre­siden,” terang Kurnia.   Kurnia pun menuturkan maksud dari pembangkangan perintah pre­siden yakni konsekuensi dari UU KPK. “KPK masuk dalam rum­pun kekuasaan eksekutif se­hingga dalam konteks admi­nis­trasi harusnya tunduk ke­pada perintah presiden,” tegas dia.

Lalu dalam UU Kepolisian secara jelas bahwa presiden adalah atasan dari Polri. Selain itu, Firli juga masih berstatus sebagai polisi aktif sehingga laporan dialamatkan ke Kapolri.   “Laporan kami itu juga ditem­bus­kan kepada presiden selaku ata­san dari seluruh anggota Polri aktif dan yang kedua kepada Divisi Propam,” ujar Kurnia. (cuy/jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional