Close

Indahnya Kebersamaan dalam Keberagaman, Nuzul Qur’an, Buka Bersama dan Penyerahan Bantuan dan Santunan Anak Yatim

Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri memberikan santunan untuk anak yatim.

Berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan, Kanwil Kemenag Sumbar menggelar silaturahmi dengan seluruh ASN, sesepuh Kemenag yang tergabung dalam Persaudaraan Pensiunan Kementerian Agama (PPKA), serta anak yatim di lingkungan Kantor wilayah kementrian agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan yang juga dalam rangka memperingati Nuzul Qur’an, Buka Bersama dan Penyerahan Bantuan dan Santunan Anak Yatim yang dilaksanakan Keluarga Besar Kantor Wilayah Kemenrerian Agama Provinsi Sumatera Barat dengan tema “Kebersamaan dalam Keberagaman” tersebut diadakan di Aula Amal Bhakti I Kanwil Kemenag Sumbar, Selasa (22/5).

Kegiatan ini juga dihadiri Ormas Islam Sumbar seperti NU, Muhammadiyah, Perti, Majelis Ta’lim Indonesia Sumbar. Kakankemenag se-Sumatera Barat serta diisi dengan tausyiah yang disampaikan oleh Ketua MUI kota Padang, Duski Samad.

Kegiatan Ramadhan berupa buka puasa bersama anak yatim piatu ini sudah menjadi tradisi Kanwil Kemenag Sumbar tiap tahun. Menurut Ketua Panitia Irwan, kegiatan kali ini diadakan untuk anak-anak yatim di lingkungan Kanwil sendiri.

”Dalam acara buka puasa kali ini,  diserahkan bingkisan Ramadhan kepada para anak yatim piatu beserta uang tunai,” ujar Irwan.

Menurut Irwan lagi, selain silahturahim dan buka puasa bersama, kegiatan kali ini juga sekaligus sebagai peringatan Nuzul Quran yang di peringati setiap tanggal 17 Ramadhan setiap tahunnya.

Sementara itu Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri menyebutkan, jumlah anak yatim yang diberikan santunan pada kesempatan tersebut berjumlah 143 orang yang terdiri dari anak yatim yang berada di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar.
”Dimana dana tersebut murni terkumpul dari sumbangan ASN Kanwil Kemenag Sumbar,”jelas Hendri.

 Hendri juga menyampaikan harapannya sesuai dengan tema kegiatan, semoga dengan buka bersama ini membangkitkan rasa saling berkasih sayang dan kebersamaan diantara kita, serta menyatukan hati kita semua.

”Apalagi saat ini kita baru saja menyelenggarakan pesta demokrasi pemilu dimana terdapat dua kubu yang mendukung paslonnya masing-masing, setelah kegiatan ini dua kubu yang berbeda pilihan dapat bersatu kembali sehingga Kebersamaan dalam keberagaman tersebut dapat tercipta kembali,”ucap Hendri.

Dalam acara tersebut juga di serahkan bantuan kepada ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah, Perti serta forum kerulunan umat beragama sebesar Rp 25 juta, Baznas sebesar Rp 100 juta.

Selain itu juga dilakukan pemberian bantuan kepada Mejalis Taklim Indonesia (MTI) Sumbar, MTI Tanah Datar, MTI Kabupatem Solok, MTI Kabupaten Darmasraya, masing-masing sebesar Rp 10 juta.

Kegiatan acara ditutup dengan Tausiyah agama yang disampaikan oleh Ketua MUI kota Padang Duski Samad dengan tema Kebersamaan dalam Keberagaman dan dilanjutkan dengan buka bersama seluruh peserta acara. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top