Menu

Imbauan DMI Antisipasi Corona Jamaah Diminta Bawa Sajadah Sendiri

  Dibaca : 410 kali
Imbauan DMI Antisipasi Corona Jamaah Diminta Bawa Sajadah Sendiri
Edaran imbuan dari DMI Pusat

SAWAHAN, METRO
Potensi penularan virus yang begitu cepat telah memberi rasa waspada bagi semua pihak. Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengimbau semua jamaah masjid yang hendak menunaikan shalat agar membawa sajadah sendiri dari rumah.

Imbauan ini berdasarkan surat 041/PP-DMI/A/II/2020 yang banyak beredar di grup WhatsApp beberapa hari terakhir. Dalam surat imbauan yang ditandatangani Ketua DMI Pusat, H M Jusuf Kalla tertanggal 2 Maret 2020 itu disebutkan bahwa untuk mengatasi penularan virus corona di masjid atau mushalla, dilakukan langkah sanitasi siaga.

Yakni, teratur menjaga kebersihan lantai masjid/mushalla dengan disinfektan, menjaga kebersihan karpet dan alas shalat dengan rutin/konstan. Kemudian, menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan disinfektan.

Selain juga ada imbauan para jamaah untuk membawa sajadah/sapu tangan/kain bersih sendiri untuk alas sujud. Meminta para jamaah yang sedang demam, batuk dan mengalami gejala sakit seperti flu/salesma agar melaksanakan shalat shalat di rumah.

Kemudian, melakukan pengawasan penyebaran/penularan virus corona dan melakukan upaya tanggap/melaporkan jika ada masyarakat yang dicurigai terdampak virus corona, khususnya di sekitar masjid/mushalla.

Adanya imbauan dari DMI ini, ditanggapi oleh masyarakat. “Serba repot sekarang. Ke masjid harus berhati-hati penularan virus corona,” sebut Susi (40), salah seorang warga Sawahan sembari melihatkan imbauan DMI tersebut.

Ia berharap, musibah ini segera berakhir dan virus corona tak sampai berjangkit di Kota Padang. “Mungkin kita harus hati-hati bertemu dengan orang agar tak tertular.
Harus jauh-jauh dari orang yang tak dikenal,” sebut warga lainnya, Erni.

Ia juga berharap tak ada korban di Padang atau di Sumbar. Karena jika ada, potensi penyebaran sangat besar.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani berharap warga Padang tidak paranoid dengan penyebaran wabah corona. Menurutnya, yang perlu dilakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar virus Covid-19 itu tidak bisa masuk dan menyerang tubuh.

“Kalau bertemu dengan orang yang baru kembali dari Wuhan, baru boleh pakai masker. Tapi kalau hanya bertemu dengam orang yang kembali dari Jakarta, tak usah khawatir,” sebut Feri Mulyani.

Feri mengungkapkan, hal-hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat saat ini adalah menjaga kebersihan diri mereka dengan cara selalu mencuci tangan setiap beraktivitas, hindari kontak atau jarak dekat dengan penderita ISPA.

“Apabila flu, batuk, atau bersin, usahakan ditutup dengan menggunakan kain. Setelah itu, kain tersebut haruslah dicuci agar bakteri tidak menumpuk,” ungkapnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional