Menu

Ilmarizal Ditunjuk Plt KONI Padang, ”Segera Laksanakan Musorkotlub, Bukan Musorkot”

  Dibaca : 107 kali
Ilmarizal Ditunjuk Plt KONI Padang, ”Segera Laksanakan Musorkotlub, Bukan Musorkot”
Alfroki Martha

PADANG, METRO–Terhitung, 6 Juni 2021, KONI Padang dipimpin pe­laksana tugas (Plt) H Il­marizal SPd MM untuk men­jalankan rutinitas organisasi tempat berhimpunnya or­ga­nisasi Cabang Olahraga (Cabor) se Kota Padang tersebut.

“Di samping menu­nai­kan tugas rutinitas harian organisasi, sebagai Plt juga  akan melaksanakan tang­gungjawab menggelar mu­sya­warah Kota (Muskot) KONI untuk mencari ketua yang baru untuk meng­habiskan masa jabatan perioderisasi 2019-2023,” ujar Plt Ketum KONI Pa­dang Ilmarizal, Kamis (10/6).

Dikatakan Ilmarizal, ia ditunjuk sebagai Plt melalui rapat unsur pimpinan KO­NI Padang, Minggu (6/6). Namun, sekarang masih menunggu SK pe­nunjukan Plt dari KONI Sumbar. Di­tunjuknya ia sebagai Plt KONI Padang setelah Ketua KONI Pa­dang sebelumya Agus Su­ardi Abien naik kelas men­jadi Ketum KONI Sumbar melalui Mu­sor­prolub KONI Sumbar, 9 April lalu.

Sehingga, pertanggal 1 Juni 2021 lalu, Agus Suardi Abien telah menyerahkan surat pengunduran dirinya ke KONI Padang. Tidak surat pengunduran diri Abien diserahkan, selain itu Abien juga menyerahkan laporan pertang­gung­jawa­ban keuangannya sejak ia menjadi Ketua KONI Pa­dang. “Namun, laporan pertanggungjawaban ke­uangan Abien segera di­serahkan dalam waktu de­kat ini. Karena laporan keuangan belum tuntas,” ujar Ilmarizal.

Kemudian, soal per­sonalia kepengurusan KO­NI Padang yang banyak hijrah ke KONI Sumbar, tidak perlu mengundurkan diri. Karena, sesuai AD/ART posisi ketua umum saja yang tidak boleh rang­­­kap. Sementara ke­pengu­rusan tidak masa­lah  rang­kap menjabat di KONI Pa­dang maupun di KONI Sum­­bar. Sehingga kata­nya, tak perlu per­sonel pe­ngu­rus yang hij­rah ke Sumbar mengun­durkan diri.

Ia mengaku, diberi tang­­­gungjawab menjadi Plt di KONI Padang selama 6 bulan. Ia mengaku tak perlu lama- lama menjabat sebagai Plt, namun jika dua bulan ke depan ada kese­pakatan segera melak­sanakan Musorkot KONI Padang.

Namun, tambah Ilma­rizal, walaupun ketua yang lama tidak menuntaskan jabatan sesuai perio­deri­sasinya,  maka sesuai de­ngan AD/ART musya­warah nanti tetap mengusung Musorkot, bukan Musor­kotlub. Begitu, juga dengan personel kepeng­uru­san­nya, hanya ketum saja yang dipilih. Akan tetapi, pengurus lainnya tetap dengan wajah yang lama sampai perioderisasi habis tahun 2923.

Musorkot itu hanya me­milih ketua umum yang akan melanjutkan sisa ke­pe­ngurusan periodesasi, 2019 – 2023. “Maka siapa yang terpilih manjadi Ke­tum KONI Padang ia hanya melanjutkan sisa jabatan dengan periodesasi 2019 – 2023. Begitu juga dengan personel kepengurusanya periode 2019 – 2023 tetap orang orang semula dan tidak diganti,” ungkap Il­marizal.

Laksanakan Musor­kotlub

Praktisi dan Akademisi Olahraga Sumbar Dr Al­froki Martha MPd menang­gapi, soal suksesi kepe­mimpinan di KONI Padang setelah ditinggalkan ketua yang lama karena naik ke KONI Sumbar, maka sesuai dengan AD/ART musya­warah di KONI Padang ”mengusung nama Musya­warah Olahraga Kota Luar Biasa (Musorkotlub) KONI Padang. “Karena, ketua yang lama tidak me­nun­taskan jabatannya hingga perioderisasi jabatan be­rakhir hingga tahun 2023 mendatang dan turun di jalan.  Maka susksesi pe­milihan ketua melalui Mu­sorkotlub KONI Padang,” ujar Alfroki.

Ditambahkan Alfroki, begitu juga dengan per­sonel kepengurusanya jika dilaksanakan Musorkotlub, maka ketua terpilih harus memilih personelnya yang baru sesuai dengan kebu­tuhannya. Sebab, sesuai dengan AD/ART jika Mu­sorkotlub dilaksanakan karena ada beberapa per­syaratan. Di antaranya, jika ketua yang lama me­niggal dunia, tersangkut hukum, tidak melanjutkan perioderisasi jabataan sam­pai habis dan mengun­durkan diri.  Maka untuk memilih sukesi kepemim­pinan di KONI Padang ha­rus dilaksanakan Musor­kotlub.  (boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional