Close

Ilham Maulana (Wakil Ketua DPRD),”Pisahkan Pengelolaan Trans Padang dari Perusda PSM”

Ilham Maulana (Wakil Ketua DPRD).

SAWAHAN, METRO–Fraksi Demokrat DPRD Kota Padang menerima Rancangan Pera­turan Daerah (Ranperda) Perusa­haan Umum  Daerah (Perusda) Padang Sejahtera Mandiri (PSM). Namun dengan persyaratan pisah­kan pengelolaan Bus Trans Padang dari sana.

“Tak ada untungnya pengelolaan bus Trans Pa­dang masuk ke Perusda PSM. Jadi lebih baik pisah­kan saja,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Padang Ilham Maulana, Rabu (3/11).

Dikatakan Ilham, Pe­merintah Pusat meluncurkan program bus massal untuk angkutan umum masyarakat, agar mengurangi kemacetan lalu lintas di kota besar. Sehingga untuk angkutan umum baru tidak lagi di­tambah rekomendasinya.

Mengingat Trans Pa­dang tidak mendatangkan keuntungan untuk Perusda PSM, lebih baik diga­bung­kan kembali ke Dinas Per­hubungan (Dishub) Kota Padang.

“Jadi di Dishub ada Da­na Alokasi Khusus (DAK) yang bisa dialokasikan untuk Bus Trans Padang, untuk disubsidi. Lebih baik di sana pengelolaannya,” jelas Ilham Maulana.

Menurutnya, Perusda PSM bisa memanfaatkan peluang-peluang usaha untuk mendatangkan pen­dapatan. Seperti menge­lola transportasi pengang­kutan semen dan klinker di PT Semen Padang serta pengangkutan di Pelindo.

“Semen Padang sudah membuka diri transportasi pengangkutan semen mau­pun klinker bisa dilak­sanakan oleh PSM. Disam­ping itu pengangkutan semen antar pulau melalui kapal juga bisa PSM laku­kan. Kalau PSM mau itu, bisa beli kapal,” tandas Ketua DPC Demokrat Pa­dang itu. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top