Close

IKTS Gelar Acara Halalbihalal, Pererat Silaturahmi Anak Rang Taluak Bayua

PERERAT HUBUNGAN— Ikatan Keluarga Besar Teluk Bayur dan Sekitarnya (IKTS) gelar kegiatan halalbihalal, Minggu (9/6). Kegiatan ini dalam rangka mempererat hubungan silaturahim. (Ist)

TELUK BAYUR, METRO – Masih dalam suasana lebaran Idul Fitri 1440 H/2019 M, Ikatan Keluarga Besar Teluk Bayur dan Sekitarnya (IKTS) Minggu (9/6) menggelar acara halalbihalal, taragak basuo anak Urang Taluak Bayua dari rantau bersama seluruh warga masyarakat Teluk Bayur, Kecamatan Padang Selatan. Kegiatan ini digelar di pelataran parkir Kantor Pelindo, depan Pelabuhan Teluk Bayur, Padang.

Acara ini merupakan salah satu bentuk rasa kekeluargaan dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi dengan melaksanakan kegiatan agar dapat berkumpul sekali setahun pada suasana lebaran Idul Fitri, bagi seluruh warga masyarakat Teluk Bayur dan sekitarnya. Serta warga Teluk Bayur yang sudah banyak berpencar merantau di seluruh wilayah Indonesia sejak sekian lama.

“Kita melaksanakan kegiatan ini tidak atas nama kelompok, atau organisasi kemasyarakatan setempat, tapi acara ini atas nama seluruh warga masyarakat yang ada di Telur Bayur dan sekitarnya,” kata ketua pelaksana, Suryadi Peri pada media ini di sela-sela acara.

Katanya, acara ini bisa terlaksana dan terwujud seperti ini tidak terlepas dari peranan seluruh warga masyarakat Teluk Bayur. Peranan donatur sangat besar dalam hal ini.

“Untuk itu kami dari panitia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada para donatur baik dari rantau maupun yang ada di Padang sendiri. Respon untuk acara ini sangat luar biasa, “Basamo Mangko Manjadi”, tema inilah yang bisa kita sebutkan untuk terwujudnya acara ini,” katanya.

Lebih lanjut disampaikannya, kegiatan seperti ini untuk yang kedua kalinya dilaksanakan.

“Insha Allah kegiatan ini akan kita gelar setiap tahunnya di liburan lebaran Idul Fitri. Kita bisa mengambil makna dari acara ini, acara ini terbuka buka bagi seluruh warga masyarakat Teluk Bayur tidak membedakan stasus ekonomi, pangkat dan jabatan, baik warga pendatang pun. Semuanya sama kita inginkan masyarakat kita lebih saling kenal lagi satu sama lainnya,” ungkapnya.

Ketua LPM Teluk Bayur, Darman mewakili tokoh masyarakat setempat dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan mohon maaf lahir dan batin.

“Sesama warga kita harus saling memaafkan di lebaran Idul Fitri, kita kembali ke fitrah. Kami mengucapkan ribuan terima kasih pada panitia pelaksana dan seluruh masyarakat yang mana melalui acara ini dapat kita lihat serta rasakan manfaatnya yakni makin mempererat hubungan silaturahmi sesama warga Teluk Bayur, apalagi kepulangan warga dari rantau khusus untuk menghindari acara ini,” katanya.

Darman menambahkan bahwa tokoh masyarakat akan selalu mendukung dan membantu semua program atau kegiatan masyarakat maupun pemuda agar terwujud kebersamaan dan kekompakan di Teluk Bayur ini. “Semoga acara yang diselenggarakan ini dari nawaitu yang baik menjadi amal ibadah, “ ujarnya.

Sementara Vivi Lois, perantau dari Jakarta mewakili para perantau warga Teluk Bayur, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih banyak pada panitia yang telah menggelar acara ini.

“Mudah-mudahan warga masyarakat Teluk Bayur tetap selalu kompak. Tetap jalin silaturahmi walaupun kita sudah berpencar, berpisah – pisah di berbagai kota di Indonesia bahkan luar negeri karena aktivitas masing-masing,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara halalbihalal tersebut yaitu, Ketua IKTPAS Padang, Martias Yusuf, pemuka masyarakat, ketua RT, RW, LPM, majelis taklim, ketua Karang Taruna, niniak mamak, bundo kanduang, sesepuh masyarakat Teluk Bayur.

Serta turut memeriahkan acara itu yaitu Muhammad Tauhid beserta istri dengan menyumbangkan suara emasnya dipentas diiringi live musik organ tunggal. Acara ditutup dengan dengan hiburan live musik Kim berhadiah. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top