Menu

IKADI Himbau Shalat Berjamaah Tetap Pedomani Maklumat MUI

  Dibaca : 266 kali
IKADI Himbau Shalat Berjamaah Tetap Pedomani Maklumat MUI
DR. H. Urwatul Wusqa, LC, MA Ketua IKADI Sumbar

PADANG, METRO
Dengan diperpanjangnya pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Provinsi Sumbar hingga 7 Juni dan dilaksanakannya kebijakan New Normal (Normal Baru) di Provinsi Sumbar, Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Provinsi Sumbar, tetap menghimbau masyarakat Sumbar, tetap memedomani Maklumat No. 007/MUI-SB/V/2020.

“Meski akan dilaksanakan kebijakan New Normal oleh pemerintah, kepada Umat Islam di Sumbar, agar tetap mematuhi Maklumat MUI 007 tahun 2020 tersebut berikut turunannya, yang dikeluarkan MUI kabupaten dan kota masing-masing,” ujar Ketua IKADI Sumbar, DR. H. Urwatul Wusqa, LC, MA, kemarin.

Urwatul menegaskan, berdasarkan Maklumat MUI tersebut, bagi masyarakat yang daerahnya termasuk zona merah penyebaran Covid-19, jangan memaksakan pelaksanaan shalat berjamaah di mesjid, seperti shalat Jumat. Cukup shalat di rumah saja.

Sementara, bagi daerah yang masih dalam kategori zona hijau, tentunya perlu mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. “Kita meminta masyarakat untuk tetap bersama mencegah penyebaran Covid-19 dengan memedomani Maklumat MUI ini,” tegasnya.

Menyikapi kebijakan New Normal yang akan dilaksanakan pemerintah, Urwatul mengatakan, MUI, Kamis malam (28/5) menggelar rapat, untuk membahas kebijakan tersebut. “MUI akan gelar rapat malam ini. Namun, tetap Maklumat MUI 007 tahun 2020 ini masih berlaku,” terangnya.

Lebih jauh pria yang juga Anggota Komisi Fatwa MUI Sumbar mengajak jemaah punya tanggung jawab bersama menekan penyebaran wabah virus corona tersebut. “Salah satu upaya kita adalah dengan menghimbau umat muslim untuk beribadah shalat berjamaah Jumat di rumah saja,” terangnya.

“Melaksanakan ibadah dirumah dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, tidak akan mengurangi nilai ibadah kita sebagaimana beribadah di masjid. Tentunya dengan beribadah di rumah, sebagai upaya kita melindungi anggota keluarga dari penyebaran virus corona,” ulasnya.

IKADI Provinsi Sumbar juga menganjurkan kepada dai untuk tidak memberikan ceramah secara langsung kepada jemaah di mesjid, di saat pandemi Covid-19. Apalagi saat ini banyak orang yang secara penampakan fisik tidak ada tanda-tanda Covid-19 atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Mari, bersama kita tekan penyebaran corona ini. Patuhi himbauan pemerintah untuk physichal distancing, social distancing, pakai masker saat melaksanakan aktivitas,” tukas Urwatul.

Urwatul mengajak umat selalu bermunajat kepada Allah SWT agar pendemi Covid-19 selesai dan menjadikan musibah ini sebagai momen mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak beribadah.(fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional