Close

IKA FISIP Unand Berbuka Bersama, Mahasiswa Butuh Pelatihan Kepemimpinan

Ilustrasi

PADANG, METRO – Dekan Fisip Unand, Dr Alfan Miko, M.Si berharap kehadiran Ikatan Keluarga Alumni Fakults Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas (IKA FISIP Unand) dapat memberikan pelatihan-pelatihan kepemimpinan kepada mahasiswa-mahasiswa FISIPUnand.

Pelatihan tersebut dibutuhkan, agar dapat membantu pihak fakultas dalam melahirkan tamatan yang berkualitas dan tahan banting di era industri 4.0 saat ini. Alfan Miko mengatakan, selain nilai akademik, walau bagaimana pun soft skill sangat mendukung sekali dalam menciptakan tamatan yang berkualitas.

“Oleh karena itu, kami menuntut agar IKA FISIP menyegerakan memberikan berbagai pelatihan kepemimpinan kepada mahasiswa di lingkungan Civitas Akademika FISIP Unand,” harap Alfan Miko saat kegiatan berbuka bersama IKA FISIP Unand di Auditorium Gubernuran Sumbar, Sabtu (25/5).

Ketua IKA FISIP Unand, Khairul Ikwan menyatakan, mahasiswa-mahasiswa seharusnya membekali diri dengan berbagai organisasi sebelum menamatkan pendidikan di FISIP Unand. Menurutnya, dengan mengikuti berbagai macam organisasi, mahasiswa akal dilatih dan terlatih untuk dapat bekerja sama dengan team work. Sehingga, ketika tamat tidak akan canggung lagi menghadapi dunia kerja yang kian hari bergerak dengan dinamis.

“Ke depan IKA FISP Unand akan membantu memberikan pelatihan-pelatihan kepemimpinan kepada mahasiswa FISP Unand dan kami akan menghubungi IKA-IKA jurusan, agar cepat merealisasikan program ini,” ucapnya.

IKA FISIP adalah wadah organisasi alumni yang membawahi IKA jurusan yang ada di FISIP Unand. Menurut Ardi Abbas, yang merupakan alumni dan dosen di FISIP Unand, dalam perjalanannya, IKA FISIP telah meresmikan berdirinya DPD IKA FISIP Unand di berbagai daerah di Indonesia.

“Dalam perkembangnya, bersama DPP IKA FISIP Unand, kami telah meresmikan hadirnya DPD IKA FISIP Unand di Jakarta, dan DPD IKA FISIP Unand yang berada di Riau. Dalam waktu dekat ini, bersama DPP IKA FISIP Unand, kami akan meresmikan DPD IKA FISIP Unand di Kabupaten Kepulauan Mentawai,” ucapnya.

Ratusan alumni FISIP Unand tumpah ruah menghadiri kegiatan tersebut. Tidak saja alumni yang hadir, berbuka bersama ini juga dihadiri oleh Civitas Akademika FISIP Unand dan mahasiswa yang berbagai jurusan di FISIP Unand. Acara berbuka bersama IKA Fisip Unand berlangsung dengan interaktif, apalagi panitia menyediakan sesi tanyajawab antara mahasiswa, fakultas dan IKA FISIP Unand.

Kegiatan berbuka bersama yang dilaksanakan Alumni FISIP Unand ini sebagai ajang silaturrahmi antar alumni dan kampus. Selain itu, juga sebagai ajang interaksi dan saling berbagi pengalaman dan transfer informasi dari alumni kepada mahasiwa FISIP Unand.

“Kami dari pihak kampus selalu mendukung kegiatan yang dilaksanakan IKA FISIP Unand ini. Walau bagaimanapun, IKA FISIP Unand harus memberikan sumbangsih berbentuk informasi, motivasi kepada mahasiswa di FISIP Unand,” ucapnya. (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top