Menu

Ibadah Haji Batal, Garuda Indonesia Kehilangan Revenue 10 Persen

  Dibaca : 276 kali
Ibadah Haji Batal, Garuda Indonesia Kehilangan Revenue 10 Persen
HAJI— Dengan ditiadakannya haji tahun ini, maskapai Garuda Indonesia telah kehilangan potensi penghasilan 10 persen dari total pendapatan perusahaan.

JAKARTA, METRO
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razie mengumumkan pembatalan keberangkatan jamaah haji tahun ini. Sebab, Arab Saudi pun belum membuka akses bagi para jamaah haji dari semua negara.

Adapun, kebijakan ini diambil karena pemerintah harus mengutamakan keselamatan jamaah di tengah pandemi virus korona. Menag menegaskan bahwa keputusan pembatalan jamaah haji ini sudah melalui kajian mendalam.

Bukan hanya berdampak kepada jamaah dan perusahaan penyelenggara haji, keputusan tersebut pun juga memberikan dampak negatif kepada pelaku bisnis penerbangan. Salah satunya adalah maskapai Garuda Indonesia yang melayani pemberangkatkan dan pemulangan jamaah haji dari Indonesia ke Arab Saudi.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan bahwa dengan ditiadakannya haji tahun ini, pihaknya telah kehilangan potensi penghasilan 10 persen dari total pendapatan perusahaan.

“Haji itu plus minus revenuenya sekitar 10 persen per tahun. Kalau haji dibatalkan, bagi Garuda Indonesia tentu kehilangan pendapatan yang signifikan. Dibandingkan hari ini juga turun drastis, pukulan besar bagi Garuda,” ujarnya melalui telekonferensi pers rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) 2020, Jumat (5/6).

Sebelum adanya pandemi ini, Irfan menceritakan bahwa pendapatan bisnis penerbangan selalu melonjak ketika menjelang liburan akhir tahun, lebaran dan masa pemberangkatan serta pemulangan jemaah haji. “Biasanya Garuda sibuk sekali, ada pelonjakan pendapatan siginifikah di masa-masa tersebut,” tutur dia.

Meski revenue tidak begitu besar dari penyelenggaraan haji. Namun kekurangan pendapatan jelas berdampak luas terhadap kinerja perusahaan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang.

“Kami komitmen untungnya enggak besar dan enggak mau cari untung besar. Tapi dari sisi pendapatan tentu aja signifikan, untungnya kita belum ada deal-deal untuk haji tahun ini,” tutupnya. (jpc)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional