Close

HUT TNI Ke-76, Kodim 0306/50 Kota Gelar Serangkaian Kegiatan Keagamaan, Bupati : Sejalan dengan Program Pemda Wujudkan 50 Kota Madani

MEMBUKA LOMBA— Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo bersama Wali Kota Payakumbuh, Dandim, Dewan Pembina ICBS, Kepala ICBS Payakumbuh saat membuka acara lomba tahfiz, dai cilik dan azan serta imam bagi babinsa. 

DALAM rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke-76, jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0306/50 Kota di bawah pimpinan Letkol Inf Mochammad Denny Nur­cah­yo meng­gelar serang­kaian kegiatan keaga­ma­an.

Tak tanggung-tang­gung, untuk suksesnya giat keagamaan berupa Lomba Tahfidz dan Dai Cilik untuk pelajar SD dan SLTP se-Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh serta  Lomba Adzan dan Imam khusus bagi pa­ra Babinsa, Kodim 0306-50 Kota merangkul Pondok Pesantren Insan Cendikia Boarding School (ICBS) sebagai tempat penyelenggaran lomba.

Secara resmi kegiatan Lomba Tahfidz, Dai Cilik dan Lomba Adzan serta Imam sholat tersebut digelar di kampus ICBS di kawasan Lembah Harau, Senin (25/10) selama satu hari penuh dimulai pukul 08.00 WIB.

Kegiatan itu dihadiri oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo, Wali Kota Payakumbuh H Riza Falepi, Dandim 0306/50 Kota, Letkol Inf Mochmmad Denny Nur­cahyo, Dewan Pengasuh ICBS Payakumbuh Ustadz H Ahmad Maududi, dan Pimpinan ICBS Payakumbuh Ustadz Roni Patihan.

Dandim Letkol Inf Mochammad Denny Nurcah­yo dalam keterangan persnya didampingi pimpinan ICBS Payakumbuh, Roni Patihan menyatakan bahwa, momentum peringatan HUT TNI ke-76 ini diharapkan dapat melahirkan generasi yang tidak saja cerdas secara ilmu pengetahuan, namun juga cerdas ilmu agamanya. Sehingganya dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat Luak Limapuluh secara umum serta juga dapat menangkal ber­kem­bangnya paham-paham radikal.

“Dengan kegaiatan ini hendaknya dapat mening­kat­kan Imtaq masyarakat dan menjadi  pondasi da­lam membangun generasi kedepannya. ICBS dipilih karena merupakan se­ko­lah keagaman terbesar di Luak Limapuluh,” ujar Dan­­dim Letkol Inf Moc­ham­mad Denny Nurcahyo.

Ia menambahkan dengan adanya kegiatan ke­aga­maan tersebut diha­rapkan dapat menumbuhkan kecintaan dan semangat kebangsaan sehingga mereka ma­kin mencintai NKRI.

“Kegiatan ini akan timbul kecintaan dan semangat kebangsaan dari peserta atau anak didik, sehingga kita tidak mudah dipecah belah,” jelasnya.

Sementara itu, ulas Dan­­dim Letkol Inf Moc­ham­mad Denny Nurcah­yo, khusus untuk lomba adzan dan imam Sholat bagi Babinsa untuk memotivasi semua Babinsa agar bisa adzan dan imam sholat terutama shalat yang bacaannya jahar atau dikeraskan seperri sholat subuh, magrib dan isya. Dengan begitu peranannya semakin dirasakan masyarakat.

“Kegiatan Babinsa banyak bersama masyarakat, mereka juga harus mampu adzan dan mengimami  masyarakat saat shalat berjamaah,” jelasnya.

Sementara itu pimpinan ICBS Harau Roni Patihan berharap dengan ada­nya kegiatan yang digelar bersama TNI dapat me­num­buhkan generasi yang cinta Al-Qur’an serta mendukung program pemerintah, karena mereka yang akan jadi estafet untuk masa yang akan datang. Meski baru pertama kali kegiatan sebesar ini dilakukan Dandim bersama ICBS,­­ dan tampak antusias peserta sangat tinggi, terbukti anak-anak peserta dari Kapur IX dan Gunung Omeh kecamatan terjauh di Lika Puluh Kota, ambil bagian.

Bahkan, antusias peserta terlihat saat men­daftar secara langsung di lokasi, meski sebelumnya sudah dibuka pendaftaran sejak 18-21 Oktober 2021 secada online melalaui google from http:/bit.ly/76HUTTNI. “Kita tentu bang­ga dengan digelarnya ke­giatan oleh Kodim 0306/50 Kota di sekolah kami. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus menumbuhkan generasi yang cinta Alquran,” katanya.

Roni Patihan menguraikan, jumlah peserta yang mengikuti lomba tersebut telah mendaftar 180 orang berasal dari sekolah-se­kolah yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, serta Babinsa dari Koramil di jajaran Kodim 0306/50 Kota.

“Peserta sangat antusias mengikuti, untuk lomba tahfidz tingkat Sekolah Dasar dengan hafalan satu juz dan tiga Juz untuk ting­kat SLTP. Selain berhadiah puluhan juta, tropi dan sertifikat, peserta terbaik nan­tinya akan mendapatkan kemudahan untuk sekolah di ICBS,” ujarnya.

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo usai membuka kegiatan secara resmi mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan itu dan takjub dengan kegiatan lomba tahfiz, dai cilik dan azan serta imam sholat tingkat Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh. Selain kegiatan positif, hal itu juga sejalan dengan visi-misi pasangan Bupati Safaruddin-Riski Kurniawan Nakasri.

“Tentu kita sambut baik kegiatan yang digelar jajaran Kodim 0306/50 Kota ini, selain bernilai positif juga sejalan dengan program pemerintah daerah mewujudkan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota yang Madani,” kata mantan Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota itu.

“Ini merupakan terobosan baru, inovasi yang luar biasa karena beliau  (Dandim.red) yang baru beberapa bulan di Kabupaten Lima Puluh Kota tetapi sudah menggagas acara yang sangat luar biasa ini. Sejak beberapa tahun yang lampau baik ketika saya aktif di DPRD maupun di pemerintahan sampai saat ini, hal ini merupakan yang pertama kali nya perayaan HUT TNI diselenggarakan dalam bentuk lomba tahfidz SD-SMP Kabupaten dan Kota,” ucapnya.

Tidak hanya sampai disitu, Bupati Safaruddin juga sangat mendukung lomba imam dan adzan untuk para Babinsa yang akan ditempatkan di nagari-nagari. Sehingga nan­tinya Babinsa tidak hanya mengayomi tetapi juga dapat membimbing masya­ra­kat di nagari nya.

Selanjutnya Bupati Safaruddin juga mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0306/50 Kota Letnan Kolonel Infanteri Muhammad Denny Nurcahyono, SH, M.Han karena melalui lomba ini beliau ikut membantu mewujudkan visi dan misi daerah. Yang mana visi daerah yaitu mewujudkan lima puluh kota yang madani, beradat, dan berbudaya dalam ke­rangka adat basandi sya­rak, syarak basandi kitabul­lah. Salah satu misinya me­ningkatkan kualitas SDM yang berbudaya dan berdaya saing berlandaskan keimanan.

“Maka berdasarkan visi dan misi ini, dalam tahun-tahun berikutnya di Kabupaten Lima Puluh Kota inshaAllah akan dibangun rumah-rumah tahfizd di nagari-nagari yang kemudian diwujudkan dalam program 1 nagari 1 tahfizd, dalam rangka mencerdaskan kehidupan anak-anak kita”, jelasnya.

Hal senada juga diung­kap­kan oleh Wali Kota Pa­ya­kumbuh Riza Falepi. Pihaknya mendukung kegiatan yang digelar jajaran Kodim dan mengingatkan pelaksanaan kegiatan te­tap mematuhi protokol ke­se­hatan. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top