Menu

HUT Solsel ke-17 Tahun 2021, Bukan Sekadar Seremonial, Tapi Jadikan Energi Positif

  Dibaca : 383 kali
HUT Solsel ke-17 Tahun 2021, Bukan Sekadar Seremonial, Tapi Jadikan Energi Positif
Ketua DPRD Solsel melakukan pemotongan kue kado hari jadi Solsel ke 17, disaksikan Pj Sekdakab

Peringatan Hari Jadi Kabupaten (HJK) Solok Selatan (Solsel) ke 17, diperingati dengan menggelar upacara di halaman kantor Bupati Solsel. Setelah itu baru dilaksanakan rapat paripurna istimewa di ruang rapat utama DPRD Solsel, Kamis (7/1).

Plt Bupati Solsel H Abdul Rahman, yang diwakili Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Solsel, H Fidel Efendi pada upacara peringatan hari jadi kabupaten ke-17 bertindak selaku Inspektur Upacara mengatakan, bahwa dalam kurun waktu tertentu, Solsel terus memperlihatkan berbagai prestasi dan kemajuan dalam pembangunan dari berbagai aspek. Bahkan, termasuk pembangunan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Usia 17 tahun, dalam laju ruang dan waktu menandakan bahwa pertambahan usia mengisyaratkan peningkatan taraf kedewasaan dan kemajuan dala berbagai bidang, baik ekonomi, pembangunan, infrastruktur dan kedewasaan politik. “Jadi peringatan hari jadi, sesungguhnya bukan suatu prosesi seremonial semata yang dilakukan dari tahun ke tahun, melainkan harus selalu ditempatkan sebagai energi positif yang mampu mendorong performa dan kinerja terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan,” ujar Pj Sekdakab Solsel Dr H Fidel Efendi.

Dikatakan, tahun 2020, kurun waktu yang berat untuk dijalani, di mana terdampak bencana Covid-19. Saat ini sedang bergerak menuju new normal, di mana kepatuhan masyarakat sangat diperlukan. Selanjutnya Fidel menyampaikan, bahwa untuk tingkat kemiskinan penduduk Solsel, juga terus mengalami penurunan, di mana tahun 2019 tercatat sebanyak 7,33 persen dan saat ini turun menjadi 7,15 persen.

Di samping itu, dalam percepatan penanganan Covid-19, 2020 Pemkab Solsel juga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 66,2 miliar, di mana sebanyak Rp 30,8 miliar di antaranya dipergunakan dan telah disalurkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), penanganan protokol kesehatan, ekonomi, dan penanganan lainnya.

Selanjutnya untuk peningkatan sarana dan prasarana kesehatan Tahun 2020, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), Pemkab Solsel juga membangun Rumah Sakit Pratama di Lubuk Malako dengan anggaran mencapai Rp 25 miliar, serta pengadaan alat-alat kesehatan senilai Rp 16,3 miliar.

Berbagai penghargaan juga diperoleh selama tahun 2020, di antaranya perolehan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI. Dan ini selama 4 tahun berturut-turut berhasil diraih, pencapaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) untuk pertama kalinya dengan predikat “sangat tinggi” dari Kemendagri, Pengelolaan dana desa terbaik di Sumbar, serta berbagai penghargaan lainnya.

Fidel mengajak, semua komponen untuk terus bersatu padu dalam membangun Solsel, serta memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas kesuksesan pilkada serentak di Solsel. Kegiatan hari jadi kabupaten juga dilaksanakan berbagai kegiatan seperti sejumlah pertandingan antar instansi, stakeholder yang ada di Solsel, seperti pertandingan sepakbola, badminton, tenis meja, volly ball, tarik tambang dan domino.

Hadir dalam upacara tersebut, Kapolres Solok Selatan AKBP Tedy Purnanto SIk, Kajari M Bardan, Dandim 0309 Solok yang diwakili Kasdim Mayor Inf Hendra Bagus Arioko, Para Asisten dan Kepala OPD, Kepala Instansi Vertikal, Baznas, sejumlah wali nagari dan pejabat eselon III dan IV. Seusai upacara, tamu undangan menuju Kantor DPRD Solsel guna mengikuti paripurna DPRD dalam memperingati HUT Kabupaten yang juga dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional