Close

HUT Nagita dan MoU dengan Wawako Dumai

Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang, kemarin, menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 2 Inovasi NAGITA (Nagari Go Digital) dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) replikasi inovasi NAGITA antara Bupati Padangpariaman dengan Walikota Dumai serta pencanangan pekan Dukcapil tingkat Sumatera Barat di Kabupaten Padangpariaman.

PDG.PARIAMAN, METRO–Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang, kemarin, menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 2 Inovasi NAGITA (Nagari Go Digital) dan  penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) replikasi inovasi NAGITA antara Bupati Pa­dangpariaman dengan Wa­likota Dumai serta pencanangan pekan Dukcapil tingkat Sumatera Barat di Kabupaten Padangpariaman.

Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang menyampaikan ucapan selamat dengan telah berlangsungnya penggunaan NA­GITA selama 2 tahun.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Padangpariaman katanya, ia  sangat mengapresiasi kinerja dan pengembangan inovasi oleh Disdukcapil Kabupa­ten Padangpariaman. “Ka­rena telah menginspirasi dan memberikan motivasi layanan yang memba­hagiakan masyarakat, serta menjadikan tugas pela­yanan yang memudahkan. Sehingga, peran Pemerintah dapat dirasakan dan hadir di tengah masya­rakat,” ujarnya.

“Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman melakukan pengemba­ng­an inovasi layanan dalam jaringan (daring), adalah untuk memudahkan layanan administrasi kependudukan (Adminduk) tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Layanan ini ber­kembang secara masif, melalui kolaborasi bersama Pemerintah Nagari serta dukungan kebijakan teknis dari Dinas Kominfo dan DPMD kabupaten Padangpariaman,” ujarnya.

Rahmang menambahkan, selama 2 tahun per­kembangannya. NAGITA telah membawa wajah pelayanan publik di Padangpariaman semakin baik dan berkualitas. Kondisi ini, menuntut pembenahan semua aspek pelayanan publik di naga6ri. Sehingga, kanytor Nagari menjadi pusat pelayanan publik yang membahagiakan ma­syarakat.

“Tidak hanya itu, kantor nagari harus menjadi pusat pembelajaran, baik bagi masyarakat Nagari maupun masyarakat di luar. Efek perubahan layanan pada Kantor Nagari, beberapa Nagari di Kabupaten Padangpariaman menjadi sasaran objek studi komparatif dari luar kabupa­ten Padangpariaman, bahkan menjadi referensi untuk proses penyusunan kebijakan,” jelas Wabup.

Sementara Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Padangpariaman Muhammad Fadhly menyebutkan bahwa tujuan adanya  aplikasi NAGITA ini adalah untuk memberikan layanan administrasi yang tidak berbelit–belit, mudah di akses dan untuk menghindari pungli yang sering terjadi tengah masyarakat. Saat ini, sudah tersedia 103 layanan online yang tersebar di seluruh Nagari di Kabupaten Padangpariaman.

“Replikasi inovasi diharapkan memberi manfaat kepada banyak pihak, agar lebih banyak memberi kemudahan kepada ma­syarakat dan menghilangkan kesenjangan layanan publik antara Kota dan Desa. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Nagari yang telah membantu mewujudkan NAGITA. Sehingga dapat diakses oleh seluruh la­pisan masyarakat dan mem­bantu masyarakat untuk mengurus keperluan dokumen kependudukan,” ujarnya.

Fadhly juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama pada berbagai aspek. Khusus­nya kepada Dinas Kominfo, DMPD, dan PT. Pos Indonesia atas terwujudnya Nagari Go Digital dan telah berjalan dengan baik dan lancar selama 2 tahun.

Kemudian Walikota Du­mai Muhammad Syafi’i selaku Asisten Administrasi Umum juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Padangpariaman. Atas kesediaan be­kerja sama memfasilitasi replikasi aplikasi NAGITA untuk diterapkan di Kota Dumai Provinsi Riau.

“Kami mewakili Peme­rintah Kota Dumai, berte­rima kasih dengan dilakukannya penandatanganan MoU ini. Karena itu akan memudahkan kegiatan pen­catatan dokumen ke­pendudukan. Sehubungan dengan adanya interaksi antara dua Daerah ini, dapat dikembangkan dalam bentuk lain dan dari ber­bagai sektor. Mudah-mudahan kita bisa terus menciptakan inovasi terbaru, yang bermanfaat dan memberikan kemudahan bagi ma­syarakat,” ungkapnya.

Dalam rangkaian acara ini, juga dilakukan pencanangan Pekan Dukcapil Provinsi Sumatera Barat dengan lokus di Kabupa­ten Padangpariaman. Dinas Dukcapil Provinsi menetapkan Solok Selatan dan Pa­dangpariaman sebagai lo­kus pekan Dukcapil Suma­tera Barat tahun 2021. Pencanangan ditandai dengan pemukulan gong oleh Wa­kil Bupati didampingi Sekretaris Dinas Dukcapil Pro­vinsi Sumatera Barat dan Kadis Dukcapil Kabupaten Padangpariaman. Acara ditutup dengan pemoto­ngan kue ulang tahun, oleh Wakil Bupati Padangpariaman dan diikuti para tamu dan undangan.

Sebelum acara penutupan, PT. Pos Indonesia cabang Pariaman menyerahkan baju seragam admin layanan NAGITA di Nagari. Penyerahan dilakukan secara simbolis dengan pemasangan kepada perwakilan admin NAGITA dari Nagari Balah Aie dan Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu oleh Wakil Bupati Rahmang dan Kepala PT. Pos Indonesia cabang Pa­riaman Roza Matra.

Kegiatan tersebut, juga dihadiri Sekda Kabupten Padangpariaman Rudy Re­penaldi Rilis beserta jajaran, Kepala Perangkat Da­erah se Kabupaten Padangpariaman, Ketua GOW Yusneli Rahmang, Sekretaris Dinas Dukcapil Pro­vinsi Sumatera Barat Putri Reno Sari, Kepala PT. Pos Indonesia cabang Pariaman Roza Matra, SE. Akt,  Pimpinan Bank Nagari Cabang Lubuk Alung Zulhelmi, Camat se Kabupa­ten Padangpariaman, Kepala KUA, Kepala Puskesmas dan Wali Nagari se Kabupaten Padangpariaman, serta admin NAGITA se Kabupaten Padang­pa­riaman. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top