Menu

HUT Kota Pariaman ke-19, Genius: Terus Bergerak untuk Kemajuan Daerah

  Dibaca : 82 kali
HUT Kota Pariaman ke-19, Genius: Terus Bergerak untuk Kemajuan Daerah
TIUP LILIN—Ketua DPRD Kota Pariaman Fitri Nora SE, Wako Genius Umar dan Wawako Mardison Mahyuddin meniup lilin HUT Kota Pariaman ke-19.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan pada masa pandemi Covid- 19 ini Kota Pariaman terus mengejar dan terus melak­sanakan berbagai prog­ram untuk kemajuan Kota Pariaman yang lebih baik lagi ke depannya. “Pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pariaman ke 19 tahun 2021 ini semua pihak telah melakukan agar Kota Pa­ria­man lebih baik dalam segala bidang pem­ba­ngu­nan,” kata Genius Umar kemarin,  usai acara pari­purna Istimewa DPRD Kota Pariaman dalam HUT Kota Pariaman tahun 2021.

Katanya, ka tangah la­pang main layangan, main basamo jo urang yang tibo, dirgahayu 19 tahun Kota Pariaman, mari basamo majukan daerah Kota Pa­ria­man.

Nak Duo Pantun Sai­riang, Pai Ka Pasa Sinayan Jo Pasa Kuraitaji, Singgah Sabanta Mambali Lado, Wisata Kota Pariaman Kini­lah Rami, Untuak Kesejah­teraan Kito Basamo”, itulah bunyi pantun Walikota Pa­riaman saat pembuka ra­pat tersebut.

Dikatakannya, diulang tahun yang ke-19 ini Kota Pariaman telah mampu mengejar ketertinggalan, karena membangun dae­rah tidak hanya mengan­dalkan dari APBD saja, namun bisa dari berbagai sumber pem­biayaan, se­perti dari anggaran Ke­menterian (APBN), CSR BUMN, serta sumber-sum­ber lainnya yang sah dan tidak mengikat, karena daerah diberikan kewe­nangan mengurus dan me­ngatur semua urusan pe­me­rintahan di luar yang menjadi urusan Peme­rin­tah yang ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Peme­rintahan Daerah.

“Hal itulah yang sela­ma 3 (tiga) tahun terakhir ini gencar kami lakukan, de­ngan melakukan sinkro­nisasi program dan pen­dekatan ke Pemerintah Pusat, sehingga anggaran pusat dapat mengucur ke Kota Pariaman melalui proyek-proyek pemba­ngu­nan untuk kemajuan da­erah dan peningkatan pe­rekonomian masyarakat. Beberapa diantaranya te­lah berhasil diwujudkan, diantaranya pem­bangu­nan Water Front City Talao Pauh, Peresmian Batang Piaman dan Pembangunan Pasar Rakyat Batang Pia­man dan Pembangunan Pasar Rakyat Pariaman yang sukses diresmikan oleh Wakil Presiden Bapak K.H. Ma’ruf Amin pada tanggal 6 April 2021 lalu,” ungkap Genius Umar.

Genius Umar men­jelas­kan, khusus penanganan Covid-19, Pemerintah Kota Pariaman telah bergerak cepat dalam mengen­dali­kan penyebaran virus corona ke tengah masyara­kat. Untuk itu pada tanggal 16 Maret 2020 dengan duku­ngan penuh dari DPRD Kota Pariaman, Pemerintah Ko­ta Pariaman membentuk Satuan Tugas (Satgas) Co­v­id-19, dan langsung action melaksanakan tugasnya dalam melakukan sosiali­sasi, menjalankan penera­pan PSBB, menjamin ter­wu­judnya protokol kese­hatan covid-19 di tengah-tengah masyarakat serta melakukan koordinasi se­cara intensif dengan se­mua pihak terkait, baik di Tingkat Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat dan di Tingkat Nasional.

“Alhamdulillah, dengan kerja keras dari semua pihak didukung sepenuh­nya oleh Dewan yang ter­hormat, up date terakhir covid-19 Kota Pariaman tertanggal 1 Juli 2021 ke­marin, dari 898 orang kasus terkonfirmasi, 810 orang dinyatakan sembuh. De­ngan kondisi itu, Kota Paria­man masuk dalam kate­gori zonasi kuning dengan predikat kesembuhan sa­ngat baik yaitu 898/810, dengan skor 2,67 sekaligus terbaik pertama dalam pe­nanganan covid-19 di Pro­vinsi Sumatera Barat se­lama 3 bulan terakhir, kita dapat apresiasi dari Satgas Covid-19 Sumatera Barat,” terangnya.

Sedangkan untuk Program Vaksinasi Covid-19 Kota Pariaman Tahap 1, total sasaran sebanyak 14.­566 orang, yang terdiri dari tenaga kesehatan dan pe­tugas pelayanan publik. Dengahn status zona ku­ning, Kota Pariaman me­mung­kinkan untuk mema­suki fase tatanan kehidu­pan baru yang produktif dan aman yang telah kita launching pada tanggal 8 Juni 2020 yang lalu.

Atas semua keber­hasi­lan tersebut katanya, ten­tunya pantas bersyukur kepada Allah SWT. Untuk itu, melalui kesempatan ini kami menyampaikan teri­ma­kasih kepada seluruh jajaran birokrasi, baik di­tingkat kota, kecamatan, hingga ke tingkat desa/kelurahan, karena tanpa birokrasi yang kompetten, loyal dan profesional, pres­tasi pemerintahan tidak akan mungkin terukir da­lam sejarah Kota Tabuik tercinta ini.

“Ucapan yang sama juga kami tujukan kepada segenap lapisan masya­rakat, ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, bun­do kanduang, insan pers, tokoh masyarakat serta kalangan dunia usaha, khu­susnya kepada pendiri Kota Pariaman menjadi Kota Otonom dengan pro­ses yang panjang dan pe­nuh perjuangan, terima­kasih kami ucapkan untuk semua yang tidak tersebut nama dan gelarnya, se­moga Kota Pariaman se­ma­kin maju kedepannya dengan bantuan dan ker­jasama kita semua.” tan­dasnya mengakhiri (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional