Close

HUT ke -189 Tahun 2022 Padangpariaman Berjaya, Pembangunan Tacelak, RPJMD 2021 – 2026 Selesai

Bupati Padangpariaman Suhatri Bur serahkan kue HUT kepada Wakil Bupati Rahmang.

Kabupaten Padangpariaman setiap tanggal 11 Januari memperingati hari kelahirannya. Kali ini Padangpariaman memperingati hari kelahiran yang ke 189 tahun 2022, di bawah pimpinan pasangan Bupati Padangpariaman Suhatri Bur dan Wakilnya, Rahmang. “Alhamdulillah, kita telah berhasil menetapkan Perda Nomor. 8 /2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RP­J­MD) Kabupaten Padangpariaman tahun 2021-2026,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.

­Katanya, dalam RPJ­MD itu, juga telah ditetapkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Padangpariaman yaitu “Padangpariaman berjaya yang merupakan harapan semua pihak di Kabupaten Padangpariaman. “Insyaa Allah juga harapan kita semua di Kabupaten Pa­dangpariaman,” ujar Suhatri Bur.

Dikatakan, adapun mak­na dari berjaya adalah singkatan dari empat suku kata yakni, unggul berkelanjutan, religius, sejahtera dan berbudaya. Dimana makna yang terkandung didalamnya.

Secara kultural, pepatah lama mengingatkan, Lain lubuk lain ikannya, lain ladang lain belalang. Bayangkan jika Padangpariaman, Kota  Padang dan Kota Pariaman serta Mentawai sama-sama mengambil tanggal 11 Januari 1833 sebagai hari jadinya. Karena, 189 tahun lalu kita sama sama berada di sa­na dan tentu hari ini akan perebutkan.

“Sehingga kita tidak saling berkunjung, dan Pak Gubernur juga susah untuk berlaku adil dalam kehadiran beliau. Karena itu, tiap Kabupaten dan Kota masing masing mempunyai tuah yang tidakdimiliki oleh yang lain,” ujar Suhatri Bur.

Sementara menurut, kultur Minangkabau, di dalam mengatur masya­ra­kat terdapat ungkapan. Di darek urang ba panghulu, Di rantau urang ba rajo, maka penguasa di Darek ada pada Kerapatan Ninik Mamak yang membentuk Pemerintahan Nagari atau Koto.

Semua itu, menggambarkan keberagaman pe­nguasaan daerah dan ti­dak mengenal otoritarianisme ataupun ologarkhi kekuasaan. “Itulah kita, Minangkabau yang de­mok­ratis dan egaliter. Semua maju ke depan. De­mikian juga kami di Pa­dang­pariaman,” ujar Suhatri Bur.

Jadi katanya, peringatan HUT ke-189 Kabupaten Padangpariaman kali ini telah mampu membawa angin segar  bagi kemajuan masa depan pembangunan di Kabupaten Padangpariaman. Seperti terungkap saat peringatan HUT tahun 2022 .

Lebih jauh dikatakan, Bupati Padangpariaman Suhatri Bur,  komitmennya untuk mewujudkan padangpariaman berjaya, yang bertumpu pada empat point penting, diantaranya, unggul berkelanjutan, religius sejahtera dan berjaya.

“Karena itu, prinsip seayun selangkah atau du­duk semeja seperti yang disarankan oleh tokoh masyara­kat kita di Padangpariaman ini, anggaran pro-rakyat, di samping berkomitmen me­lan­jutkan program bupati sebelumnya jelas merupakan komitmen kita bersama bersama jajaran DPRD Pada­ng­pa­ria­man untuk bisa me­wujudkan Pa­dang­pariaman berjaya ke depannya,” tegas Suhatri Bur.

Demikian pula kesiapan pihaknya melanjutkan berbagai program pembangunan di Padang­pariaman, seperti memfasilitasi terwujudnya pembangunan jalan ring road An­duriang-Lu­buak Aluang, khususnya menuju Pasia Laweh dan Lubuak Cimantuang, memanfaatkan dana DAK tahun 2022.

Juga tidak ketinggalan pula bagaimana merealisasikan terwujudnya  kawasan baru pendidikan terpadu di Tarok Kepala Hilalang, Kecamatan 2×11 Ka­yu­tanam, serta pembangunan infrastruktur lainnya, ditandai bakal dimulainya pembangunan Kampus Politeknik dan kampus UNP di kawasan tersebut.

“Selain itu, seperti diketahui Padangpariaman selama ini juga terkenal dengan negeri seribu su­rau, seribu masjid dan seribu pesantren, makanya ke depan kita juga akan upayakan pembangunan sejumlah ruas jalan menuju fasilitas keagamaan dimaksud, demikian pula merehab berbagai sarana dan fasilitas keagamaan yang ada di samping fasilitas umum lainnya, termasuk pengadaan fasilitas jalan menuju kampus baru yang ada di kawasan Tarok City, karena itulah kita tentunya sangat mengharapkan dukungan semua pihak, baik dukungan pemerintah provinsi, anggota DPRD Pusat dan Provinsi, dukungan dari jajaran DPD-RI dan DPR-RI, kementrian dan departemen terkait lainnya di tingkat pusat,” ujar Suhatri Bur.

Meski  dalam kondisi pandemi, ditandai diberlakukannya protokol kesehatan (Pro­kes) secara ketat, namun hal itu sama sekali tidak mengurangi kemeriahan jalannya acara yang juga dihadiri Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, unsur Por­kopimda Pro­vinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Padangpariaman. Juga hadir dalam kesempatan itu sejumlah kepala daerah dan wakil kepala dae­rah kabupaten kota se Su­matera Barat, mantan Walikota dan Bupati Pa­dangpariaman dan Kota Pariaman.

 Demikian pula Ketua dan Wakil Ketua DPRD kabupaten dan kota, tokoh perantau dan tokoh ma­syarakat Padangpariaman lainnya.

Sementara, Wakil Gubernur Sumata Barat  Au­dy Jonaldy menyatakan, pihaknya secara tegas memberikan garansi terhadap kepastian kelanjutan pembangunan ruas tol Padang=Pekanbaru yang bakal melewati  Kabupa­ten Padangpariaman.

“Terkait pembangunan ruas tol Padang – Pekanbaru yang melintasi daerah Kabupaten Padangpariaman saya bahkan bisa menjamin jika pembangunannya akan bisa tereali­sa­si seperti di­ha­rap­kan semua pihak. Ka­rena seperti diketahui, sejauh ini pembangunannya jelas tidak ada lagi kendala berarti di lapangan. Makanya saya yakin dan percaya jika pembangunan ruas tol tersebut pasti akan jadi,” ungkap Audy Jonaldy.

Wakil Gubernur juga tak luput mengapresiasi berbagai pencapaian dan prestasi yang diraih dan ditorehkan oleh Kabupa­ten Padangpariaman selama ini. Khususnya di ba­wah kepemimpinan duet Bupati Suhatri Bur dan Wakil Bupati Rahmang.

Pihaknya juga mengaku optimis jika ke depannya pemerintah Kabupaten Padangpariaman bakal bisa bergerak cepat dalam rangka membangkitkan kembali berbagai sektor yang terdampak akibat pandemi Covid-19. De­mikian pula Provinsi Sumbar secara keseluruhan juga harus bisa bangkit dari berbagai situasi su­ram yang melingkupinya, akibat dampak pandemi Covid-19.

“Mari kita tunjukkan bahwa masyarakat Sumbar adalah pribadi-pribadi yang kuat dan kita pasti bisa bangkit di tengah situasi ekonomi yang cenderung mengalami kontraksi akhir-akhir ini,” terang Audy Jonaldy.

Menurutnya, keberhasilan pembangunan sua­­tu daerah seperti halnya Kabupaten Pa­dang­pa­­riaman tentunya tidak ter­lepas dari dukungan se­luruh elemen masya­rakat, terbinanya hubungan kerja yang harmonis dan terjalinnya ko­ordinasi yang baik, antara pemerintah daerah dan jajaran DPRD Padangpariaman.

“Oleh sebab itulah tentunya peringatan  HUT ke 189 Kabupaten Padangpariaman kali ini tentunya tidak hanya sebatas kegiatan seremonial semata, melainkan juga sebagai titik balik sekaligus momentum penting  dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini,” tegasnya. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top