Menu

HUT Bhayangkara ke-75, Polda Sumbar Wujudkan Tranformasi Polri yang Presisi

  Dibaca : 144 kali
HUT Bhayangkara ke-75, Polda Sumbar Wujudkan Tranformasi Polri yang Presisi
HUT Bhayangkara yang diperingati setiap tanggal 1 Juli menjadi momentum Polri untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

PADANG, METRO–HUT Bhayangkara yang diperingati setiap tanggal 1 Juli menjadi momentum Polri untuk te­rus melakukan per­bai­kan-perbaikan da­lam hal pelayanan ke­pada ma­syarakat. Begi­tu juga Pol­da Sumbar, yang terus ber­buat dan menjalankan ber­bagai program untuk me­wujud­ kan transformasi Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Trans­pa­ransi Berkeadilan).

“Polri terus melakukan perubahan-perubahan un­tuk memberikan pelaya­nan yang terbaik kepada masyarakat. Transformasi menuju  Polri yang Presisi demi mewujudkan Polri yang sesuai dengan hara­pan masyarakat,” kata Ka­polda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto, di Mapolda Sumbar, Rabu (30/6) siang.

Dijelaksan Irjen Pol Toni, demi mewujudkan transfor­masi Polri yang Presisi, maka pelayanan publik khususnya di Polda Sumbar dan Polres jajaran hingga Polsek-polsek harus lebih ditingkatkan, teruta­ma da­lam memanfaatkan tekno­logi sesuai dengan pe­r­kembangan zaman yang sudah era digital.

“Polisi harus bisa mela­ku­kan inovasi-inovasi mem­berikan pelayanan prima kepada masyarakat, se­hing­ga masyarakat be­nar-benar merasakan ke­ha­diran Polri. Sebab salah satu tugas Polri adalah melayani dan me­ngayomi masyarakat. Ma­syarakat harus puas dengan pela­yanan yang kita beri­kan,” ungkap Toni.

Menurut Toni, Polda Sumbar mendukung program kerja prioritas Kapolri yang disebut “Presisi” yak­ni Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan dengan bertujuan menata kelembagaan, perubahan sistem dan metode orga­nisasi, menjadikan sumber daya manusia (SDM) Polri yang unggul di era police 4.0.

“Selain itu, perubahan teknologi kepolisian modern, peningkatan kinerja pemeliharaan keamanan dan ketertiban masya­ra­kat, peningkatan kinerja pene­gakan hukum, pe­man­tapan dukungan Polri dalam pena­nganan Covid-19, serta pemulihan ekonomi nasio­nal,” ungkap Irjen Pol Toni.

Berbagai program di­lun­curkan untuk mendu­kung tujuan tersebut. Mi­sal­nya aplikasi pengaduan masyarakat (Dumas) Pre­sisi (Prediktif, Respon­sibili­tas, Transparansi Berkea­dilan). “Dumas Presisi” di­ciptakan untuk mewujud­kan transparansi dan handling complain bagi ma­syarakat luas. Melalui apli­kasi akan membentuk sis­tem pengawasan oleh ma­syarakat dengan cepat, mudah, dan terukur.

“Polri juga melun­cur­kan aplikasi “Propam Pre­sisi” yang melayani penga­duan masyarakat terkait kinerja anggota polisi. De­ngan hadirnya aplikasi ini kinerja polisi dapat diawasi tidak hanya secara internal, tetapi juga secara eks­ternal. Sebab saat ini meru­pakan era keterbukaan sehingga tidak perlu ada ditutup-tutupi. Dari situ akan diketahui bagaimana potret polisi sehingga apa yang menjadi kekurangan bisa diperbaiki,” tambah Irjen Pol Toni.

Aplikasi lain yang dilun­curkan adalah aplikasi SP­2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Pe­nyi­dikan) dan e-PPNS (Pe­nyidik Pengawal Negeri Sipil) berbasis online. Tu­juannya sebagai bentuk transparansi penyidikan. Diharapkan juga tidak ada lagi sumbatan komunikasi atau informasi terkait pe­nyidikan sebuah kasus.

Di bidang pelayanan, Kapolri meluncurkan  apli­kasi SIM Nasional Presisi (Sinar). Peluncuran aplikasi untuk ponsel pintar terse­but bertujuan mening­kat­kan pelayanan masyara­kat, mengenai pembuatan hingga perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM).

Aplikasi tersebut bisa diakses dengan mudah dan sudah tersedia di Playstore Andorid, yang nantinya akan dapat melayani ma­syarakat kapanpun dan dimanapun. Dengan kata lain, perpanjangan SIM tidak perlu lagi ke kantor Satpas cukup sambil re­bahan di rumah dengan aplikasi tersebut.

Kapolri juga mengem­bangkan sistem Rekruit­men Proaktif (Rekpro) me­lalui aplikasi e-Rekpro un­tuk perekrutan anggota Polri, khususnya jalur Bin­tara. Aplikasi ini dibuat untuk mendukung trans­formasi organisasi dengan program pening­katan ki­nerja menjadikan SDM Pol­ri yang unggul di era police 4.0. Program Rekpro me­miliki konsep affirmative action, talent scouting dan reward.

Teranyar Kapolri me­lun­curkan Binmas Online System (BOS) Versi 2. Apli­kasi ini dapat digunakan untuk membuat laporan yang berkenaan dengan kegiatan Bhayangkara Pem­bina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtibmas.

Dengan kata lain, BOS merupakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan dan digunakan baik internal dan eksternal. Internal adalah bagaimana aplikasi ini digunakan untuk mem­buatkan laporan terkait dengan kegiatan Bhabin­kamtibmas yang ada di sektor polisi terdepan di tingkat desa.

“Kita berharap sema­kin banyak inovasi dalam pelayanan kepada publik, akan meningkatkan keper­cayaan masyarakat kepa­da Polri. Di Polda Sumbar sendiri, kita juga terus melakukan inovasi dengan menghadirkan berbagai aplikasi dan program untuk masyarakat,” ujarnya.

Hadiah Polri

untuk Indonesia

Jenderal bintang dua itu menyampaikan, HUT Bhayangkara ke-75 adalah momen yang sangat pen­ting, karena saat ini masih dalam masa pandemi Co­vid-19. Dalam hal ini, Polri bersama pemerintah terus berupaya untuk me­na­nga­ni pandemi Covid-19 ini agar cepat berakhir.

“Polri terus membantu pemerintah dalam memu­tus penularan virus ter­sebut. Berbagai upaya te­lah dilakukan oleh Polri. Selain mendisiplinkan ma­syarakat untuk menerap­kan prokes, Polri juga gen­car untuk melaksanakan vaksinasi massal gratis untuk masyarakat,” kata Irjen Pol Toni.

Bahkan, menurut Irjen Pol Toni, Polri menjadi men­jadi institusi yang per­tama menggelar vaksinasi massal dengan target 1 juta lebih sehari. Vaksinasi itu, sebagai bentuk hadiah Polri kepada Indonesia dengan mewujudkan target vaksinasi satu juta sehari demi terciptanya masya­rakat sehat menuju Indonesia maju.

“Banyak kegiatan yang telah dilakukan Polri dalam mencegah Covid-19 seperti vaksinasi massal gratis. Kami imbau masyarakat yang belum divaksin supaya mendatangi Gerai Vaksinasi Presisi di Polda Sumbar, Polres jajaran hingga ke Polsek-polsek. Selain itu, kita juga sudah ada vaksin mobile untuk menyasar ma­sya­rakat lanjut usia (lansia),” ujar Irjen Pol Toni.

Selain itu, dalam rangka HUT Bhayangkara, Polda Sumbar juga melakukan kegiatan kemanusiaan se­perti operasi bibir sumbing, donor darah, sunatan mas­sal, pembagian sembako dan vaksinasi gratis yang tentunya sangat ber­man­faat untuk masyarakat.

“Pada momen HUT Bha­­­yangkara ke 75, ke de­pan, diharapkan tidak ada anggota Polri yang me­lakukan kesalahan yang bisa membuat nama baik institusi Polri menjadi bu­ruk di mata masyarakat. Jadilah polisi yang dicintai masyarakat. Beri pela­ya­nan yang terbaik kepada masyarakat dan yang lebih penting adalah menjaga nama baik Polri,” pungkas Toni. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional