Menu

Humas Komit Tingkatan Kapasitas Wartawan

  Dibaca : 91 kali
Humas Komit Tingkatan Kapasitas Wartawan
Firdaus Firman

SOLSEL, METRO
Humas Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) komit untuk meningkatkan kapasitas wartawan daerah setiap tahunnya dalam menyongsong kemajuan Informasi tentang jurnalistik.

Terhitung sejak tahun 2017 hingga sekarang, pewarta Solsel terus dibekali pelatihan dan kunjungan jurnalistik.

“Intinya untuk peningkatan kapasitas kemampuan ilmu jurnalistik bagi pewarta Solsel, kami memberikan pelatihan dannstudi Pers baik dalam daerah maupun keluar daerah,” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Solsel, Firdaus Firman, Kamis (10/12).

Bahkan sejak 2017 hingga sekarang jelasnya, Humas terus berusaha tertib administrasi dengan kewajiban persyaratan kontrak media yang berlangganan dengan Pemkab Solsel dan wajib terverifikasi Dewan Pers.

Hal ini dalam menghindari permasalahan administrasi kontrak dengan media, dan media yang berlangganan harus jelas dan punya register di dewan pers.

“Kalau tidak terverifikasi Dewan Pers, kita tidak melakukan kerja sama dalam bentuk penyajian informasi kegiatan Pemkab setiap tahun,” ungkapnya.

Dalam memotivasi media cetak dalam jasa penulisan berita dan penayangan televisi, Humas selalu memberikan reward atas jasa tulisan atau penayangan yang sudah diterbitkan media terkait, sehingga terpacu semangat pewarta untuk lebih giat lagi dalam penulisan.

Setidaknya dapat terbantu transportasi pewarta daerah selama menjalankan kegiatan jurnalistik, dan penting adanya sikap toleransi humas.

“Jasa penulisan pewarta daerah kita keluarkan sebagai bentuk jasa perluasan informasi,”sebutnya.

Dia menjelaskan, cara Humas membangun kekeluargaan tidak hanya di kantor, akan tetapi disetiap tempat dan jumpa pers secara berkala 1-8 kali dalam setahun.

Kekeluargaan ini agar tidak ada jurang pemisah antara pers dan humas. Akan tetapi bagaikan satu tubuh yang tidak terpisahkan, sehingga menjadi kenangan dikemudian hari ketika tidak menjabat lagi atau berjauhan tempat kerja.

“Kita ingin sama-sama bahagia dan sama bersuka duka,” katanya.

Oleh sebab itu, lanjut Firdaus Firman, di era keterbukaan informasi tugas jurnalistik cukuplah berat, untuk perlu adanya pewarta yang yang profesional, berwawasan dan beretika.

Karena itu Humas terus memberikan ruang dan tempat dalam mengasah kemampuan pewarta baik media cetak, elektronik dan online, untuk terus menggali wawasan yang luas setiap saat demi peningkatan kapasitas pewarta yang handal dan berkopenten dalam ilmu jurnalistik.

“Setiap tahun pewarta Solsel, kita ajak safari jurnalistik demi mempererat silaturahmi. Sekaligus untuk peningkatan wawasan dan kemampuan diri agar tidak tertinggal dengan kemajuan zaman, sehingga perlu bertukar pengalaman dengan pewarta daerah lain,” paparnya.

Hal ini demi peningkatan kualitas kompetensi dan profesionalitas wartawan merujuk pada Standar Kompetensi Wartawan (SKP).

“Dengan adanya standar itu, maka kompetensi wartawan bisa diukur. Terutama mengukur skil, wawasan, dalam pemahaman kode etik jusnalistik.

Semua itu menyangkut kemampuan intelektual dan pengetahuan pewarta daerah,” pungkasnya. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional