Menu

Hujan Kritik, Gubernur dan Wagub Sumbar Serahkan Mobnas ke Satgas Covid-19, Ngaku bakal Pakai Mobil Pribadi

  Dibaca : 169 kali
Hujan Kritik, Gubernur dan Wagub Sumbar Serahkan Mobnas ke Satgas Covid-19, Ngaku bakal Pakai Mobil Pribadi
SERAHKAN MOBNAS— Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah dan Wakil Gubernur, Audy Joinaldy menyerahkan mobnas baru kepada Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19, Mulyadi, Kamis (19/8) di halaman Istana Gubernur.

PADANG, METRO–Gubernur Sumatra Ba­rat (Sumbar) Mahyeldi An­sha­rullah dan Wakil Guber­nur (Wagub) Audy Joinaldy memutuskan untuk me­nyerahkan mobil dinas (mob­nas) baru kepada Sat­gas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar. Mobil di­nas itu akan digunakan un­tuk operasional penanga­nan Covid-19 di daerah ini. Sementara untuk ope­rasio­nalnya sebagai kepala da­erah, ke depan, Mahyeldi akan menggunakan ken­da­raan pribadinya.

“Mencermati isu mobil dinas kepala daerah Sum­bar dalam dua hari ini, maka saya atas nama pri­badi dan pemerintah ter­lebih dahulu menyam­pai­kan permohonan maaf ke­pada kita semua, karena te­lah menimbulkan keresa­han dan jadi pembicaraan publik,” kata Mahyeldi saat penyerahan mobnas se­cara simbolis kepada Pe­lak­sana Satgas Covid-19 Pro­vinsi Sumbar, Mulyadi, Kamis (19/8) di halaman Istana Gubernur.

Mahyeldi menjelaskan, pembelian mobnas sudah dianggarkan sejak tahun 2020 sebelum dirinya ter­pilih jadi Gubernur. Peng­ang­garan ini sudah dise­pakati oleh DPRD Sumbar dan sudah sesuai prose­dur dan mekanisme di pe­me­rintahan.

Mobil dinas Gubernur yang lama beberapa kali mengalami kerusakan tek­nis. Sehingga menghambat mobilisasi pelayanan ke daerah, maka untuk se­men­tara waktu Gubernur dipinjamin mobil oleh salah satu SKPD dengan hara­pan pelayanan kita kepada masyarakat tetap terlak­sana.

Mobil dinas baru yang disediakan oleh bagian rumah tangga, sudah dipa­kai sejak sebulan yang lalu untuk kegiatan ke daerah. Yang di antaranya juga dalam rangka koordinasi penanggulangan Covid-19, karena 4 daerah di Sumbar masuk kategori PPKM Le­vel 4. Dalam proses pem­belian mobil dimaksud, juga dapat dilakukan peng­hematan anggaran hingga 40 persen dari pagu yang ada.

“Dalam rangka mem­pertegas komitmen kami untuk penanganan Covid-19 dan bukti kepedulian kami kepada masyarakat, maka saya sudah instruk­sikan kepada SKPD terkait untuk mengalihkan fungsi mobil dinas gubernur men­jadi mobil operasional pe­nanganan Covid-19,” ujar­nya.

Ia juga meminta SKPD terkait melelang segera mobil dinas yang lama, sehingga dananya bisa dialokasikan untuk penang­gulangan Covid-19.

“Saya selaku kader PKS sejak menjadi Anggota DPRD, Wakil Wali Kota, Wali Kota dan Gubernur hari ini akan selalu terde­pan dalam memberikan keteladanan, dan pelaya­nan kepada masyarakat. Arahan dari Ketua Majelis Syura PKS, Dr Salim Segaf al Jufri, maka untuk semen­tara waktu saya akan me­ng­gunakan mobil pribadi untuk kebutuhan pela­ya­nan kepada masyarakat,” katanya.

Ia menyebut PKS telah mewakafkan dirinya untuk melayani rakyat. Jadi ia akan terus berkomitmen untuk melayani rakyat se­baik baiknya. “Sekali lagi atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Su­matera Barat kami me­nyam­paikan permohonan maaf dan terima kasih atas kepedulian kita semua,” ujarnya.

Mobnas Gubernur Sum­­bar, Mahyeldi An­sh­a­rullah, jenis Mitsubishi Pa­jero Sport Dakar Ultimate 4×4 bertransmisi otomatis. Penyerahan mobnas se­cara simbolik ditandai de­ngan penyerahan mobnas, surat dan kuncinya secara langsung oleh Mahyeldi kepada Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Pro­vinsi Sumbar, Mulyadi.

Wagub Juga Serahkan Mobnas

Bersamaan dengan Gu­­­bernur Sumbar, Mah­yeldi Ansharullah, Wagub, Audy Joinaldy juga menye­rah­kan mobil dinas baru­nya dengan merek Hyun­dai Palisade kepada Pe­laksana Satgas Penanga­nan Covid-19 Provinsi Sum­bar, Mulyadi, di lokasi yang sama, yakni di hala­man Istana Gubernur.

“Saya serahkan mobil dinas Wakil Gubernur ke­pada Satgas Covid-19 un­tuk dipergunakan se­baik-baiknya guna menangani pandemi di Sumbar,” kata Audy.

Mobnas baru Audy, di­gu­nakan untuk operasional selama sebulan terakhir. Namun, Audy memu­tus­kan dirinya juga ikut me­nyerahkan mobnas terse­but kepada Satgas Pe­na­nga­nan Covid-19 mengikuti keputusan Gubernur be­be­rapa waktu lalu. Ke­putusannya ini juga didu­kung oleh Pimpinan dan Pengurus PPP, partai yang juga ikut mengusung diri­nya berpasangan dengan Gubernur.

Sementara, Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Mul­yadi yang menerima dua mobnas dari Gubernur dan Wagub mengatakan, akan me­maksimalkan fungsi dan penggunaan mobnas yang telah diserahkan un­tuk jadi mobil operasional semua Satgas Covid-19 di Sumbar.

Satgas Covid-19  ini pembagian tugas banyak. Ada yang mobile, ada yang koordinasi antar ke­lem­bagaan dan instansi, dan ada yang turun ke masyarakat sampai ke keplosok-pelosok,. Se­hing­ga mobil ini akan di­man­faatkan secara mak­simal.

“Sampai kapan digu­nakan, kita tidak tahu ka­pan Covid-19 ini berakhir. Yang jelas mobnas ini akan di­mak­simalkan untuk pe­nanganan Covid-19 di Sum­­bar,” ungkapnya. (fan/adv)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional