Close

Hujan Intensitas Tinggi, Banjir dan Longsor tetap Mengintai di Kota Padang

Arfian Plt Kalaksa (BPBD) Kota Padang.

BY PASS, METRO–Plt Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Arfian kembali mengingatkan masyarakat terhadap ba­ha­ya banjir dan longsor serta pohon tumbang. Hal ini karena hujan dengan intensitas tinggi masih berlangsung, terutama pa­da malam hari.

Tiap sore hingga ma­lam, hujan  dengan intensitas kecil, sedang hingga tinggi terus mewarnai wila­yah Kota Padang. Dengan demikian, masyarakat diminta tetap harus waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan bencana yang akan terjadi.

“Alhamdulillah sampai Kamis (23/6) sore ini, belum ada laporan banjir. Cuma longsor memang terjadi di kawasan Sitinjau Lawik. Untuk daerah Kota Padang biasanya kemungkinan long­sor di daerah Kecamatan Padang Selatan. Semoga tidak ada kejadian. Tapi kita mengimbau agar selalu waspada atas kemungkinan bahaya tersebut,” ungkap Arfian.

Musim hujan ini sebut Arfian, akan terus berlangsung hingga bulan depan. Hujan dengan volume sedang hingga lebat merata terjadi. Namun yang me­micu longsor adalah hujan dengan kondisi sedang hingga lebat dengan durasi lebih dari 3 jam.

“Durasi hujan ini sangat mempengaruhi kemungkinan longsor dan banjir,” katanya.

Namun, masyarakat me­nurutnya tak perlu khawatir, karena meskipun ada genangan yang muncul, biasanya setelah beberapa saat hujan reda genangan air langsung menghilang. “Kita bisa li­hat, daerah kita masih punya serapan air. Jadi walaupun ada banjir tidak lama,” pung­kasnya. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top