Menu

Hujan Deras, Puluhan Rumah Terendam Banjir di Nagari Kamang

  Dibaca : 111 kali
Hujan Deras, Puluhan Rumah Terendam Banjir di Nagari Kamang
BANJIR— Puluhan rumah di Nagari Kamang dan Nagari Langki, Kabupaten Sijunjung terendam banjir.

SIJUNJUNG, METRO–Diguyur hujan dengan intensitas tinggi, puluhan rumah warga dan ruas jalan terendam genangan banjir di Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru dan Nagari Langki, Kecamatan Tanjung Gadang, Rabu (16/6).

Plt Kepala BPBD Sijun­jung, Henry Chaniago me­ngatakan, daerah yang paling terdampak akibat banjir berada di Jorong Kamang Abadi dan Jorong Kamang Madani. Banjir tersebut masuk ke rumah-rumah warga dengan ke­tinggian hingga satu meter.

“Banjir terjadi akibat curah hujan yang tinggi dari malam hingga dini hari pada Rabu (16/6) sehingga debit air naik dan meng­genangi kawasan peruma­han warga. Banjir tersebut merendam perabotan war­ga,” tuturnya.

Tim dari BPBD Sijun­jung bersama anggota TNI, Polri dan masyarakat se­tem­pat membantu warga yang terdampak. “Tim BP­BD saat ini masih di la­pangan, membantu warga membersihkan rumah dari lumpur dan material bekas banjir,” ungkapnya.

Data sementara yang diterima dari petugas di lapangan, sebanyak 22 KK terdampak banjir di Jorong Kamang Abadi dan 12 KK di Jorong Kamang Madani. “Itu data sementara yang berhasil dihimpun di Nagari Kamang. Kita masih me­nunggu data dari pihak nagari. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ben­cana tersebut,” terangnya.

Selain di Kecamatan Kamang Baru, banjir ban­dang juga terjadi di Nagari Langki Kecamatan Tanjung Gadang. Derasnya luapan air sungai juga mengge­nangi Pasar Langki dan mengakibatkan satu unit kendaraan roda dua terse­ret arus. Selain itu air juga merendam barang-barang milik warga setempat.

“Banjir bandang di Na­gari Langki mengakibatkan tumpukan lumpur di area Pasar Langki. Kemudian padi, beras dan peralatan rumah milik warga juga terendam air. Tim BPBD masih di lokasi membantu membersihkan rumah dan fasilitas umum yang teren­dam lumpur,” tambahnya.

Meskipun debit air be­rangsur surut, BPBD Sijun­jung mengimbau agar ma­syarakat tetap waspada akan bencana alam yang berpotensi terjadi. “Kita mengimbau agar ma­sya­rakat selalu waspada, me­ngingat kondisi cuaca dan potensi bencana yang bisa saja terjadi pada masing-masing daerah,” tamba­h­nya. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional