Menu

Hujan Deras, Padang dan Pessel Dikepung Banjir, Rumah Terendam, Akses Jalan Terhambat

  Dibaca : 186 kali
Hujan Deras, Padang dan Pessel Dikepung Banjir, Rumah Terendam, Akses Jalan Terhambat
BANJIR— Beberapa wilayah Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan dilanda bencana banjir. Permukiman warga terendam hingga akses jalan tak bisa dilalui kendaraan.

PADANG, METRO
Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda sejak siang hingga sore, Rabu (23/9) mengakibatkan sejumlah wilayah di Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan dilanda bencana banjir. Bahkan, genanan air memasuki rumah-rumah warga dan akses jalan tidak bisa dilalui kendaraan karena longsor.

Berdasarkan data yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, banjir terparah berada di kawasan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Selain di Kecamatan Bungus Teluk Kabung , banjir juga terjadi dibeberapa titik yakni Pasar Baru Kelurahan Cupak Tangah, dekat kantor Lurah Komplek Jondul Rawang, Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan.

Kemudian, Jalan Raya Kuranji-Belimbing dekat MTSN 5 Padang, Kawasan Sungai Pisang, Villa Bukit Gading dekat RSUD Rasidin Padang. Di lokasi itu, ketinggian genangan banjir mulai daru 50 hingga 70 centimeter. Selain banjir, pohon tumbang diantaranya yaitu, di kawasan Lubuk Paraku serta di kawasan Rimbo Tarok Kuranji.

Sementara itu di Jalan Padang-Painan tepatnya dikawasan Kelok Jariang, serta di jalan Padang-Solok tepatnya dikawasan Lubuk Paraku terjadi longsor yang menyebabkan terhambatnya akses lalu lintas di kawasan tersebut. Saat alat berat telah dikerahkan untuk membersihkan material longsor di dua kawasan tersebut.

“Genangan air seperti ini memang kerap terjadi setiap hujan turun dengan intensitas tinggi seperti sekarang ini. Bahkan ada yang sampai masuk ke rumah warga,” ujar Muhammad Deno (35) salah seorang warga Belimbing yang ditemui di lokasi.

Diakuinya, genangan air yang terjadi tersebut disebabkan oleh buruknya drainase, disertai padatnya rumah warga di komplek perumahan tersebut.

“Memang disini rumah warga cukup padat, sehingga menyebabkan parit yang ada tidak mampu menampung air yang datang sehingga melimpah ke jalan dan menyebabkan genangan air seperti ini. Kami sebagai warga, agar pihak terkait bisa memperbaiki drainase yang ada sehingga persoalan genangan air tersebut bisa diatasi,” ucapnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang, Barlius menyebutkan, lokasi yang cukup parah dilanda banjir adalah kawasan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, pihaknya akan bekerjasama dengan instansi terkait, seperti Basarnas untuk penanggulangan nantinya.

“Ketinggian air berada pada 1 meter hingga 1,2 meter dengan arus yang cukup kencang. Genangan air juga dipengaruhi oleh naiknya air pasang di laut. Untuk korban masih nihil, namun ada dampak kerugian materil dari rumah masyarakat yang dimasuki air. Data sementara ada 300 rumah lebih, tapi data ini bisa saja bertambah karena dalam tahap pendataan,” kata Barlius.

Barlius menjelaskan, untuk antisipasi, tim sudah dikirim ke lokasi yang menjadi langganan tempat terjadinya banjir untuk membantu masyarakat yang terkena dampak tersebut. Selain ke titik banjir, pihaknya juga telah mengerahkan anggota ke lokasi terjadi langsor. Kalau hujan intensitasnya tinggi, biasa langsor terjadi dikawasan Bukit Lampu, Mata Air dan jalan baru Pantai Air Manis.

“Kepada warga agar tetap waspada. Karena dari bulan September ini hingga Desember nantinya diperkirakan cuaca akan buruk dan tidak menguntungkan. Warga diminta waspada. Jika keluar rumah supaya hati-hati melewati lokasi yang rawan terjadi banjir ataupun longsor,” tandasnya.

Sementara itu, di Kabupaten Pesisir Selatan, BPBD setempat melaporkan banjir bandang terjadi di Siguntur Mudo, Kampung Jalamu, Batang Kapas dan di Painan. Sementara, jalan terban terjadi di Nagari Salido Sari Bulan, Salido Kecil. Longsor terjadi di Nagari Koto Ranah, Kecamatan Bayang Utara, dan di Jalan Padang-Painan, Bukit Putus, Kecamatan IV Jurai.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pessel, Hasnul Karim mengatakan, hujan yang deras dan lama telah menyebabkan sejumlah sungai besar meluap di Pessel. Di Siguntur Mudo, banjir bandang terjadi akibat luapan Batang Siguntur. Begitu juga dengan banjir di Kampung Jalamu, Batang Kapas yang terjadi akibat luapan Batang Jalamu.

“Banjir di kawasan sini mencapai ketinggian sepaha orang dewasa, bahkan luapannya sampai ke jalan. Maka jalan lintas selatan jadi tertutup untuk sementara. Untuk banjir di Painan terjadi di tiga lokasi yaitu, di Painan Timur, Painan Selatan dan Painan Utara. Banjir terjadi akibat luapan air di muara sungai dan drainase yang tidak sanggup menampung tingginya curah hujan,” ujar Hasnul.

Dijelaskan Hasnul, banjir di Painan terjadi dengan ketinggian yang bervariasi, mulai dari semata kaki hingga selutut orang dewasa. Menurutnya, lokasi itu memang langganan banjir, beberapa wilayah kalau terjadi hujan yang cukup deras selalu menimbulkan genangan air. Hitungan sementara, ratusan rumah terendam banjir dari tiga lokasi tersebut.

“Selain itu, puluhan hektare persawahan dan perkebunan warga juga ikut terendam banjir di Siguntur Mudo dan Kampung Jalamu. Untuk sementara, belum ada laporan korban jiwa dalam bencana ini. Jalan terban yang terjadi di Nagari Salido Sari Bulan, diakibatkan terkikisnya tebing jalan oleh aliran sungai yang cukup deras. Sehingga permukiman warga yang berada di balik jalan tersebut jadi terisolasi,” ungkap Hasnul.

Ditambahkan Hasnul, longsor terjadi di Nagari Koto Ranah, Kecamatan Bayang Utara juga memutus akses jalan. Sedangkan longsor di jalan Padang-Painan, Bukit Putus, Kecamatan IV Jurai disertai dengan pohon tumbang. Namun, akses jalan masih dapat dilalui dengan sistem buka tutup.

“Saat ini tim BPBD Pessel sudah berada di lokasi yang dilanda bencana banjir untuk melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak serta melakukan pendataan. Kita utamakan keselamatan warga terlebih dahulu, kita evakuasi ke tempat aman,” tutupnya. (r/rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional