Menu

Hujan Deras dan Angin Kencang, Pohon Tumbang, Hambat Lalu Lintas

  Dibaca : 278 kali
Hujan Deras dan Angin Kencang, Pohon Tumbang, Hambat Lalu Lintas
Ilustrasi Pohon Tumbang yang Menghambat Arus Lalu Lintas

TANAHDATAR, METRO – Curah hujan yang deras sekaligus diiringi angin kencang melanda Kota Batusangkar Kabupaten Tanahdatar, Senin sore (25/3) mengakibatkan kerusakan di beberapa tempat. Ada pohon tumbang yang rubuh sehingga mengganggu kelancaran lalu lintas jalan raya. Bahkan, ada yang menimpa rumah warga, tiang baliho yang patah, atap ataupun tenda-tenda pedagang pasar yang beterbangan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPDB Tanahdatar Benny Yohenri, Selasa (26/3) mengungkapkan, menindaklanjuti dampak curahn hujan yang lebat itu BPBD langsung menurunkan 2 tim ke lapangan untuk membantu masyarakat yang terkena musibah maupun membersihkan lokasi bencana.

“Usai hujan reda, kita langsung dibantu Dinas Pekerjaan Umum (PU), Damkar dan pihak kepolisian serta masyarakat membersihkan material yang menghambat jalan raya serta pohon tumbang yang menimpa pemukiman warga dengan peralatan yang ada. Sehingga lalu lintas bisa kembali lancar dan dilanjutkan hari ini jika masih ada yang belum selesai serta adanya pemberian bantuan dari pemerintah daerah melalui BPBD dan Dinas Sosial,” jelas Benny.

Benny menjelaskan, data sementara terdapat 8 titik lokasi yang terdampak bencana. Adapun lokasi pohon tumbang di antaranya Jorong Sigarungguang dan Jorong Piliang yang menghambat akses Jalan Raya Jorong Barigin. Sementara yang menimpa rumah warga terjadi di Jorong Baringin, Koto Baranjak, Jorong Kampung Baru, Jorong Jati dan angin kencang yang merusak atap rumah di 2 lokasi Jorong Baringin.

“Besar kerugian materi saat ini masih dihitung sementara korban jiwa tidak ada, namun  masyarakat diharapkan tetap waspada, dimana sesuai informasi BMKG, sampai akhir bulan April 2019 nanti diperkirakan curah hujan masih tinggi dengan diiringi angin yang cukup ekstrim,” jelas Benny.

Di tempat terpisah Kepala Dinas Sosial melalui Kasi Bantuan dan Jaminan Sosial Zainal Abidin mengatakan timnya juga turun ke lapangan untuk mengecek kondisi rumah warga yang tertimpa bencana sekaligus memberikan bantuan.

“Bagi yang memenuhi kriteria, kita bantu melalui dana tanggap darurat berupa terpal, tenda gulung, matras dan sembako, mudah-mudahan bisa bermanfaat,” ucapnya. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional