Menu

Hujan-Angin Kencang, 13 Rumah Rusak 2 Warga Terluka di Kota Padang

  Dibaca : 43 kali
Hujan-Angin Kencang, 13 Rumah Rusak 2 Warga Terluka di Kota Padang
EVAKUASI POHON— Petugas BPBD Kota Padang mengevakuasi dan membersihkan pohon tumbang akibat hujan dan angin kencang di sejumlah titik, Sabtu (5/6). 

RASUNA SAID, METRO–Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin ken­cang yang melanda kota Padang Sabtu (5/6) pagi hing­ga siang hari, menyebabkan belasan pohon tum­bang. Badai itu menyebabkan akses jalan ter­ganggu, merusak rumah, dan juga melu­kai ­dua warga.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Pa­dang ­Sutan Hendra me­ngung­kapkan, evakuasi dan pembersihan material pohon tumbang dilakukan selama dua hari. Kare­na ­keterbatasan waktu dan te­naga serta cuaca buruk yang masih berlangsung hingga Sabtu malam.

“Alhamdulillah semua material pohon tumbang telah dievakuasi dan diber­sihkan. Sehingga akses lalu lintas dan lainnya bisa berjalan kembali. Kerugian materil yang disebabkan oleh pohon tumbang dan angin puting beliung sen­diri sampai saat ini masih didata. Terdapat  13 rumah yang rusak dan 1 unit sep­eda motor yang tertimpa pohon yang tumbang,” ujar Sutan Hendra, Minggu (6/6).

Sementara itu, infor­masi yang dihimpun, dua orang warga yang menga­lami luka-luka akibat pohon tumbang tersebut yak­ni ­pengendara sepeda motor dan penghuni rumah di ka­wasan Bukit Gado-gado, Ke­camatan Padang Sela­tan.

“Ada dua orang yang luka-luka akibat pohon tum­bang yakni pengen­dara yang terkena dampak pohon tumbang ketika me­ngen­darai sepeda motor di jalan Simpang Gurunlaweh RT 04 RW 03 Kelurahan Gurunlaweh, Kecamatan Lubukbegalung (Lu­beg),”­ ­sebut Sutan Hendra.

Sutan menambahkan, satu korban luka lainnya yakni pemilik rumah yang ketika pohon tumbang ter­jadi sedang berada di da­lam rumahnya di RT 001 RW 002 Kelurahan Bukit Gado-gado.”Alhamdulillah kedua korban luka lang­sung dibawa ke pusat kese­hatan terdekat untuk men­dapatkan penanganan ke­se­hatan lebih lanjut,” kata Sutan.

Selain di dua lokasi itu, pohon tumbang terjadi di 16 titik yang tersebar di 6 Kecamatan yakni Lubeg, Padang Utara, Padang Se­la­tan, Pauh, Padang Ti­mur, dan Kecamatan Lubuk­kilangan (Luki).

Sutan merincikan, un­tuk di Kecamatan Lubeg, po­hon tumbang terjadi dian­taranya di Kelurahan Parak Laweh sebanyak 6 titik dimana pohon tumbang tersebut merusak 5 unit rumah warga dan sempat menghambat akses jalan kendaraan.

Sebanyak 5 unit rumah warga di Kelurahan Parak Laweh yang rusak tersebut berada di belakang Pasar Pagi RT 001 RW 007, bela­kang Puskesmas Pulau Aia, RT 003 RW 001 nomor 40, jalan Pulau Aia di belakang masjid Mukhlisin, dan di RT 003 RW 001 nomor 42.

Selanjutnya, pohon tumbang terjadi di jalan Ujung Tanah RT 01 RW 09 Kelurahan Lubeg dimana pohon menimpa satu unit warung. Lalu, di jalan raya Piai Tanah Sirah nomor 70 RT 004 RW 003 yang me­nimpa satu unit rumah.

“Di Kelurahan Ba­nua­ran, pohon tumbang terjadi di dekat Taman Kanak-kanak (TK) Nusa Indah di­mana pohon sem­pat meng­­ham­bat akses lalulin­tas kendaraan,” ung­kap­nya.

Sementara itu di Keca­ma­tan Padang Utara, po­hon tumbang terjadi di RT 02 RW 10 Kelurahan Alai Parak Kopi dimana pohon menghambat akses ken­daraan. Kondisi serupa juga terjadi di Air Camar 1 Kecamatan Padang Sela­tan.

Di Kecamatan Pauh, dua unit rumah warga ru­sak akibat pohon tumbang yakni di simpang Koto Ting­ga RT 005 RW 004 Kelu­ra­han Binuang Kampung Da­lam dan RT 001 RW 002 Ke­lurahan Piai Tangah. Se­dangkan di jalan menuju Sung­kai Kelurahan Lam­bung Bukik, pohon tumbang menghambat akses jalan.

Lebih lanjut Sutan me­nyam­paikan, untuk di Keca­matan Padang Timur, po­hon tumbang merusak ru­mah warga di jalan Gan­ting Kelurahan Ganting Parak Gadang. Kondisi se­ru­pa terjadi di RT 003 RW 001 Kelurahan Bandar Buat,­ Kecamatan Luki.

Ia menambahkan, se­lain peristiwa pohon tum­bang, di hari yang sama terjadi angin puting beliung yang mana peristiwa ter­sebut merusak 2 unit ru­mah warga yang berada di RT 001 RW 14 Kelurahan Rawang, Kecamatan Pa­dang Selatan dan di jalan Mitra Utara blok F1 nomor 8 RT 001 RW 12 Kelurahan Banuaran, Kecamatan Lu­beg. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional