Menu

HPN 2021 di Mata Wako dan Kapolres, Pers jadi Pahlawan di Tengah Pandemi

  Dibaca : 573 kali
HPN 2021 di Mata Wako dan Kapolres, Pers jadi Pahlawan di Tengah Pandemi
Mahyeldi Ansharullah-Kombes Pol Imran Amir

AIAPACAH, METRO
Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan HUT ke-75 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Selasa (9/2).

“Atas nama Pemerintah Kota Padang, saya ucapkan selamat HPN 2020 dan HUT ke-75 PWI bagi segenap insan pers di tanah air. Semoga semakin bijak dalam menghadirkan berbagai pemberitaan kepada masyarakat,” ucap Wako Mahyeldi.

Wako mengatakan, pers di era reformasi menjadi salah satu pilar demokrasi setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif. Kekuatan pers mampu menjadi penentu dari kualitas demokrasi di tanah air. “Maka dari itu, insan pers di tanah air harus terus menghadirkan pemberitaan yang memberikan edukasi kepada masyarakat, serta membantu pemulihan ekonomi demi kemajuan bangsa dan negara. Hal ini sesuai tema yang diusung HPN 2021 “Bangkit Dari Pandemi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan dan Pemulihan Ekonomi,” sebut Mahyeldi.

Selanjutnya, orang nomor satu di Kota Padang itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada insan pers yang senantiasa menyampaikan informasi pembangunan Kota Padang kepada masyarakat. “Pemko Padang terbantu dengan publikasi media dalam percepatan pembangunan di Padang. Alhamdulillah, berkat kerja sama yang terjalin baik selama ini dengan insan pers, informasi mengenai program, kegiatan dan kebijakan Pemko dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat sehingga masyarakat mendukung setiap program pembangunan di Kota Padang,” pungkas wako.

Kapolres: Wartawan sangat Membantu
Meskipun di tengah pandemi Covid-19, setiap orang dituntut untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan selalu melakukan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjauhi kerumunan). Namun, hal tersebut tidak menghalangi hubungan baik yang telah lama terjalin antara insan pers dan kepolisian di Kota Padang.

“Pers bagi kami kepolisian adalah mitra. Ada hubungan saling membutuhkan antara polisi dan jurnalis, ada simbiosis mutualisme antara keduanya. Tanpa media, kepolisian bukanlah apa-apa, kerena dengan pers menjadi corong bagi kepolisian untuk memberitakan dan memberi informasi kepada masyarakat terkait kinerja kami,” ujar Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir.

Meskipun baru menjabat sebagai orang nomor satu di Polresta Padang selama 6 bulan, Kombes Pol Imran Amir mengakui hubungannnya dengan insen pers di Padang, khususnya insan pers yang berposko di Polresta Padang sudah terjalin sangat baik.

“Meskipun saya tergolong baru, namun kawan-kawan pers sangat terbuka dan menerima kami dengan baik. Hubungan ini seperti telah terjalin lama dan bertahun-tahun,” ungkap Kombes Pol Imran Amir.

Dikatakan, meski pun pandemi, ia tidak pernah membatasi insan pers yang ingin mengkonfirmasi terkait kinerja kepolisian yang selanjutnya akan diteruskan kepada masyarakat. “Jika bertemu secara langsung (tatap muka), tentu kita tetap menerapkan prokes yang telah ditentukan. Selain tatap muka, wawancara pun bisa dilakukan by phone, karena kita dimudahkan dengan hal tersebut. Begitupun jika dilakukannya kegiatan jumpa pers ungkap kasus maupun gelar tersangka, kita tetap mematuhi prokes,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Kombes Pol Imran Amir menyampaikan terima kasih kepada wartawan yang solid menjadi mitra Polresta Padang dalam memberikan informasi yang positif dan edukatif kepada masyarakat secara benar, akurat, dan faktual, tanpa berita bohong (hoaks).

Dan, bisa dikatakan selama pandemi Covid-19, wartawan disebut sebagai pahlawan. Karena sudah menjadi garda terdepan menyampaikan informasi terbaru kepada masyarakat.

“Kami sampaikan selamat Hari Pers Nasional ke-75 untuk seluruh insan pers, terkhusus insan pers yang berposko khusus di Polresta Padang ini. Mari kita terus menjaga hubungan baik kemitraan ini. Sebab tanpa pers, kegiatan kepolisian, khususnya Polresta Padang tidak ada apa-apanya. Hal itu seiring dengan tugas-tugas kepolisian yang langsung bersentuhan dengan masyarakat,” tuturnya.

Untuk diketahui, puncak peringatan HPN 2021 dilaksanakan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Acara ini diikuti secara virtual oleh ribuan wartawan anggota PWI dari se-Indonesia dan anggota organisasi konstituen Dewan Pers, serta dihadiri Presiden Joko Widodo secara virtual dari Istana Merdeka. (tin/rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional