Close

Honda Riding Trainer, Alat Simulasi Belajar Keselamatan Berkendara

ALAT SIMULASI-Sejumlah pengunjung tengah mencoba alat simulasi berkendara Honda Riding Trainer (HRT) didampingi langsung oleh trainer yang akan menejlaskan tata cara punggunaan alat tersebut

PADANG, METRO–Tingginya angka kece­lekaaan lalu lintas dan ba­nyaknya kelalaian serta pelanggaran berlalu lintas dari para pengendara men­jadi salah satu perhatian bagi PT.Hayati Pra­tama Mandiri (HPM) selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda Sumbar untuk te­rus menggencarkan sosialisasi.

Sosialisasi yang dimaksud disini yaitu sosialisasi keselamatan berkendara dan kampanye #ca­ri_aman kepada para pengguna sepeda motor di seluruh lapisan masyarakat khusunya kepada para pelajar dan usia produktif.

Didukung para instruktur safety riding berkualitas, Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan Main Dealer terus me­ngembangkan program-program keselamatan ber­kendara di Indonesia.

Komitmen keselamatan berkendara diwujudkan AHM sejak 2002 melalui pembinaan para instruktur safety riding Astra Honda di Indonesia untuk mempelajari dan mengka­librasi ilmu keselamatan berkendara ke pusat pelatihan safety riding tingkat global.

Pada tahun 2003, AHM bersama dengan jaringannya mulai memperluas pengenalan pentingnya keselamatan berkendara melalui safety riding advisor dealer untuk menjang­kau edukasi yang lebih luas.

Selain memiliki instruktur handal, AHM juga mem­perkenalkan alat si­mulasi berkendara Honda Riding Trainer (HRT) sejak 2006 dan mendistribusikan 1.000 HRT ke seluruh stakeholder dan jaringan dealer sepeda motor Honda.

Untuk mengukur kemampuan dan kualitas instruktur serta advisor safety riding Astra Honda di Indonesia, pada tahun 2007 AHM pertama kali menyelenggarakan Astra Honda Safety Riding Instructor Competition.

Untuk menunjang aktivitas dalam edukasi keselamatan berkendara, di tahun yang sama dibangun fasilitas Safety Riding Center pertama di Indonesia yang terletak di Banten. Kini, Safety Riding Astra Honda menjangkau semakin luas dan tersebar di 9 lokasi yaitu Banten, Jambi, Tangerang, Yogyakarta, Surabaya, Riau, Medan, Bandung, serta AHM Safety Riding Park yang merupakan pusat pelatihan safety riding sepeda motor Honda terbesar di Kawa­san Asia Tenggara.

Marketing Communication Development Ma­nager PT.Hayati Pratama Mandiri , Asri Wirawan mengatakan HRT bukan hanya sekedar simulator dalam berkendara saja, namun juga alat yang me­representasikan keadaan sesungguhnya di jalan ra­ya.

“Pengguna HRT ini dapat memilih jenis kenda­raan yang akan digunakan seperti Matic, Cub atau motor Sport serta juga dapat memilih waktu berkendara seperti siang dan malam hari,”ujar Asri Wi­ra­wan.

Selain itu para pengguna HRT bisa menemui berbagai kejadian yang terjadi di jalan raya seperti pejalan kaki yang tiba-tiba menyeberang, kendaraan yang tiba-tiba menepi dan berhenti, serta kendaraan yang tiba-tiba memutar arah dan masih banyak yang lainnya.

“Pada akhir sesi HRT ini nantinya akan keluar hasil evaluasi berupa nilai dari pengendara dalam menjalankan kendaraan serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas,”katanya.

Ketika akan melakukan simulasi HRT, pendamping akan menjelaskan terlebih dahulu fungsi dari fitur motor. Lalu, ketika simulasi berjalan, pendamping akan menjelaskan arti dari rambu-rambu lalu lintas agar mengerti dan memahami makna rambu lalu lintas, serta memberitahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama mengendarai kendaraan di jalan.

“Mereka juga mengingatkan ketika berkendara dan melebihi batas yang terlihat pada rambu lalu lintas,”sambungnya.

Dijelaskan oleh Asri Wirawan, saat ini bagi para konsumen setia Honda yang ingin mencoba menggunakan HRT ini bisa me­ngunjungi 12 Dealer Honda di bawah jaringan Ha­yati yakni Dealer Wing Hayati Pemuda , Amanah Motor Lubuk Alung, Berkah Saudara Mulya Solok, Cem­paka Motor Muaro Sijunjung, Cempaka Motor Kiliran Jao, Cempaka Motor Muaro Kalaban, Cempaka Motor Koto Baru, Harapan Motor Lubuk Basung, Bahagia Motor Tapus, Mina SPN Ujung Ga­ding, Hayati Pasaman dan Hayati Padang Aro.

“Saat ini PT.Hayati Pra­tama Mandiri bersama dengan 28 Dealer di seluruh jaringan Hayati berkomitmen untuk terus mensosialisasikan program keselamatan berkendara ini sampai ke masyarakat. Selain mensosialisasikan ke kalangan komunitas sepeda motor, PT.Hayati  juga gencar melaksanakan program keselamatan ber­kendara ini ke sekolah-sekolah, kampus-kampus , perusahaan serta instansi pemerintah” tutup Wira. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top