Menu

Homestay UMKM Pendukung Destinasi Wisata bertempat di Istana Bung Hatta Bukittinggi

  Dibaca : 72 kali
Homestay UMKM Pendukung Destinasi Wisata bertempat di Istana Bung Hatta Bukittinggi
WORKSHOP—Walikota Bukittinggi Erman Safar membuka Workshop bertemakan Pengembangan Homestay sebagai UMKM Pendukung Destinasi Wisata bertempat di Istana Bung Hatta Bukittinggi.

BUKITTINGGI, METRO–Walikota Bukittinggi Erman Safar membuka Workshop  yang ber­tema­kan Pengembangan Ho­me­s­tay sebagai UMKM Pendukung Destinasi Wi­sata bertempat di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Jum’at (02/7). Workshop yang diikuti pemilik ho­mestay se Sumbar ini digelar Pengurus Asosiasi Homestay Bukittinggi de­ngan menghadirkan pem­bicara utama anggota DPR RI Hj.Nevi Zuairina.

Walikota menga­pre­sia­si pemilik homestay, mana penginapan meru­pakan salah satu kekuatan yang mendukung pari­wisata, dengan kebera­daan homestay sangat membantu dunia kepari­wisataan dalam penye­diaan fasilitas untuk kebu­tu­han para pengunjung.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pengusaha homestay, dengan kebe­radaan homestay telah membantu pemerintah dalam penyediaan fasili­tas guna menunjang kebu­tuhan para pengunjung.  Hari ini ada 75 homestay di Bukittinggi, dan ada lebih kurang 2200 kamar hotel di luar homestay, dan ini belum cukup untuk fasilitas pengunjung pa­riwisata,” ujar Erman.

Dikatakan, untuk itu diminta kepada pemilik homestay kiranya untuk dapat menambah unit bisnisnya dengan me­nam­bah jumlah homestay di beberapa tempat dan akan dibicarakan dengan instansi terkait me­ngu­payakan bagaimana bisa membangun kawasan ho­mestay di Bukittinggi de­ngan satu kawasan dima­na sarana dan prasa­rana­nya bersama.  Lalu unit-unitnya dimiliki para pe­ngu­saha homestay dan mudah-mudahan bisa me­ningkatkan bisnis home­stay dan ini juga bisa menjadi peluang bisnis dimasa pensiun bagi ASN.

Erman memberikan trik khusus berdasarkan pengalaman kepada pe­ngusaha homestay untuk meningkatkan nilai tam­bah produk dan me­ning­katkan nilai jual homestay serta tekhnik promosi dan pelayanan. Di samping itu juga dikatakan bahwa pe­merintah akan mengu­payakan peningkatan jum­lah kunjungan wisata­wan ke Bukittinggi dengan memperkuat dan mem­pertegas konsep apa yang menjadi generator mem­buat orang untuk datang ke Bukittinggi.

“Kami akan berko­mitmen, kita mencoba untuk meramu program-program pemerintahan bagaimana kunjungan wi­sa­tawan lebih meningkat dari tahun ini, lalu juga keberadaan UMKM, pro­duk local dan kuliner juga akan dipertegas dan diper­kuat konsepnya sehingga nantinya akan menjadi nilai tambah kota Bu­kit­tingi,”ungkap Erman.

Sementara itu DR.Suk­mareni selaku ketua pani­tia mengatakan,  mun­culnya ide untuk menga­da­kan workshop ini adalah hasil diskusi bersama p­e­laku pariwisata sebagai upaya untuk mening­kat­kan kualitas dalam rangka menunjang pegem­bangan wisata daerah.

“Kegiatan yang dila­kukan ini tujuannya ada­lah untuk meningkatkan atau membantu mengem­bangkan pengelolaan ho­m­estay sebagai salah satu UMKM pendukung des­tinasi wisata di daerah dengan peserta pengelola homestay se Suatera Ba­rat,” ungkapnya.  (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional