Menu

Hoaks Bertebaran, Banyak Warga Takut Disuntik, Wahyu Iramana Putra Gelar Vaksinasi Massal di Taman Pucuk Merah Kafe, Gunung Pangilun

  Dibaca : 99 kali
Hoaks Bertebaran, Banyak Warga Takut Disuntik, Wahyu Iramana Putra Gelar Vaksinasi Massal di Taman Pucuk Merah Kafe, Gunung Pangilun
Vaksinasi Massal— H Wahyu Iramana Putra menginisiasi pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 secara gratis untuk mempercepat kekebalan komunal (herd immunity) di Taman Pucuk Merah Kafe, Gunung Pangilun, Senin (16/8) lalu.

GUNUNGPANGILUN, METRO–Tokoh Masyarakat Pa­dang, H Wahyu Iramana Pu­tra menggelar vaksinasi Co­vid-19 massal secara gratis un­tuk mempercepat ke­ke­ba­lan komunal (herd immunity) di Taman Pucuk Merah Kafe, Gunung Pangilun, Senin (16/8) lalu.

Dalam kesempatan itu, Wahyu mengatakan dirinya merasa tergerak untuk menginisiasi pelaksanaan vaksinasi massal tersebut, melihat masih rendahnya jumlah warga yang men­dapat vaksin saat ini.

“Kita cukup iri melihat di televisi pertandingan sepakbola di Inggris atau Spanyol, dimana stadion penuh. Penonton sudah bisa bebas menyaksikan pertandingan tanpa takut lagi. Itu karena lebih dari 80 persen warganya sudah mendapat vaksin, se­men­tar kita masih sangat mi­nim,” katanya.

Ia mengatakan, minim­nya masyarakat yang di­vak­sin, karena banyaknya be­redar berita bohong atau hoaks yang tidak be­nar terkait vaksin ini. Se­hingga banyak masyarakat yang takut divaksin, karena terpengaruh berita-berita tersebut.

“Untuk itu, kita imbau, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat untuk turut membantu sosialisasi kepada masyarakat bahwa vaksin ini aman, halal dan berkualitas. Dengan divak­sin, akan menumbuhkan imun tubuh terhadap se­rangan virus,” kata Ketua PPM Sumbar ini

Ditambahkan, program vak­sinasi ini perlu digenjot dan didukung bersama agar secepatnya mas­ya­ra­kat mendapat vaksin dan ke­kebalan bersama (herd immunity) itu bisa dicapai.

Terkait program vak­sinasi yang digelar itu, Wah­yu mengatakan tar­get­nya hanya 120 orang saja. “Namun sebentar saja dibuka pendaftaran, sudah 170 orang yang men­­­daftar. Kita sudah ber­koor­dinasi dengan Pus­kesmas Alai untuk bisa melayani semua warga yang sudah mendaftar. Kami juga siap menggelar vaksinasi ini secara kon­tinu di Taman Pucuk Merah Kafe ini,” katanya.

Sementara Camat Pa­dang Utara, Fajar Sukma meng­apresiasi pelak­sa­naan vaksinasi massal ter­sebut di wilayahnya. Me­nurutnya, capaian vaksi­nasi di Padang Utara masih sangat rendah.

“Dari 70 ribu lebih pen­duduk Padang Utara yang terdiri dari 50 persen lebih lansia. Sementara yang mendapat vaksin dari 70 ribu itu, baru sekitar 15 ribuan. Jadi ini perlu dipacu lagi kesadaran untuk vak­sinasi masyarakat ini,” pa­panya.

Kepala Puskesmas Alai me­nyatakan, pihaknya siap melayani vaksinasi bagi masyarakat kapan saja. “Kita sangat support pelaksanaan vaksinasi se­perti ini. Bahkan bila perlu dilaksanakan lebih sering oleh komunitas-komunitas lain seperti di mall, kafe dan tempat lain yang mudah dijangkau masyarakat, se­hing­ga target vaksinasi kita isa lebih cepat dicapai,” katanya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional