Menu

Hoaks, Berita Bohong yang Seolah-olah Benar

  Dibaca : 134 kali
Hoaks, Berita Bohong yang Seolah-olah Benar
TIUP LILIN— Wabup Tanahdatar Zuldafri Darma meniup lilin HUT LPPL Radio Luhak Nan Tuo ke-15, di Benteng Van Der Capellen Batusangkar, Senin (18/2).

TANAHDATAR, METRO – Hoaks merupakan sebuah berita yang tidak benar yang dibuat seolah-olah benar untuk menyesatkan. Bahkan memperkeruh suasana dan ketentraman masyarakat yang bisa disebar melalui berbagai media sosial seperti melalui Facebook, Tweeter, Instagram dan lainnya. Namun, radio sebagai media informasi yang dipercaya diyakini tidak menyebarkan berita hoax.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Tanahdatar Zuldafri Darma saat acara puncak HUT Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Luhak Nan Tuo ke-15 di Benteng Van Der Capellen Batusangkar, Senin (18/2).

Wabup Zuldafri Darma mengungkapkan, usia 15 Tahun sebuah usia matang untuk lembaga penyiaran, sehingga seiring zaman diharapkan mampu menjadi sarana informasi yang berkualitas.

”Media informasi mengalami kemajuan pesat yang signifikan, media cetak maupun elektronik bersaing lahirkan inovasi dan kreativitas dalam penyampaian informasi aktual, namun tentu harus bertanggungjawab dan berdasarkan fakta dalam penyajiannya,” ujar Zuldafri.

Dikatakan Wabup, LPPL diatur oleh Instruksi Presiden (Inpres) No9 /2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik yang berbasis kerja Government Public Relation (GPR). “LPPL Radio Luhak Nan Tuo diharapkan terus berupaya meningkatkan berbagai program, terutama program edukasi dan penambahan wawasan bagi pendengarnya,” pesan Zuldafri.

Sebelumnya Kadis Kominfo Tanahdatar Abrar yang membawahi LPPL Radio Luhak Nan Tuo menyampaikan ungkapan terima kasih atas dukungan dan kerja keras semua pihak sehingga Radio kebanggaan masyarakat Tanah Datar tetap eksis.

”Berawal 16 Februari 2004 lalu, berdaya 200 Watt dan mengudara di sekitaran Kota Batusangkar, saat ini dalam usia 15 tahun,  Radio Luhak Nan Tuo sudah mampu menjangkau daerah tetangga seperti Solok, Sawahlunto, Sijunjung, Pasaman, Bukittinggi, Pariaman, Payakumbuh dan beberapa daerah lainnya,” ujar Abrar.

Untuk itu, tambah Abrar, menjadi kebanggaan bagi kita masyarakat Tanah Datar, karena berbagai program kita juga dinikmati daerah tetangga dan tentu juga bisa dijadikan rujukan atau contoh.

“Kita telah lahirkan program kemitraan untuk menambah wawasan bagi para pendengar, seperti kerjasama dengan pihak Kejaksaan, Kepolisian, LKAAM, PAUD, IDI, GenPI, forum tahfiz dan lainnya, dimana setiap program sudah mempunyai jam on airnya,” kata Abrar.

Abrar menambahkan, dalam memeriahkan HUT LPPL Radio Luhak Nan Tuo ke 15, telah dilakukan berbagai lomba. “Kita laksanakan lomba Tahfizh, lomba baca berita dan reporter serta lomba lagu pop Minang. Alhamdulillah berjalan lancar dan banyak peminatnya,” sampainya.

Kadis juga berharap dengan pelaksanaan lomba tidak hanya sebagai sarana untuk memeriahkan HUT saja, namun bisa menyampaikan informasi kepada kaum muda terhadap manfaat Radio sebagai wadah informasi dan edukasi. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional