Menu

HKG PKK Nasional ke-47 Lestarikan Budaya Minangkabau, Tradisi Makan Bajamba Hadir di Iven Nasional

  Dibaca : 112 kali
HKG PKK Nasional ke-47 Lestarikan Budaya Minangkabau, Tradisi Makan Bajamba Hadir di Iven Nasional
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menikmati menu Makan Bajamba. Selain itu, Ketua Umum TP PKK, Erni Guntari Tjahjo Kumolo, Ketua TP PKK Sumbar, Nevi Irwan Prayitno dan pengurus TP PKK ikut bagian prosesi Makan Bajamba.

ADA yang menarik pada pelaksanaan Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) tingkat nasional ke-47, Rabu (24/7) hingga Sabtu (27/7) lalu. Tradisi Makan Bajamba yang menjadi kekayaan nilai tradisi dan kebudayaan Minangkabau, ditampilkan pada event berskala nasional tersebut.

Bahkan, tradisi Makan Bajamba yang dilaksanakan di RTH Imam Bonjol tersebut, diikuti langsung oleh Ketua Umum Tim Penggerak (TP)-PKK, Erni Guntari Tjahjo Kumolo, pengurus TP PKK se-Indonesia dan kabupaten kota se-Sumbar.

Juga ikut terlibat pada pelaksanaan tradisi tersebut, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Wakil Walikota Padang, Hendri Septa, Ketua TP PKK Sumbar, Nevi Irwan Prayitno dan Wakil Ketua TP PKK Sumbar, Wartawati Nasrul Abit, dan jajaran pengurus. Tradisi makan bajamba juga diikuti Sekdaprov Sumbar, Alwis, seluruh OPD di lingkungan Pemprov Sumbar, Forkopimda dan tokoh masyarakat.

Sebelum dulang berisi makanan (jamba) dihidangkan, kader PKK dari masing-masing kabupaten/kota bersemangat mengikuti arak-arakan membawa jamba dari Masjid Nurul Iman Kota Padang, menuju tenda utama Lapangan RTH Imam Bonjol Kota Padang, Kamis sore (25/7).

Makan Bajamba dilangsungkan dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan. Umumnya diikuti oleh lebih dari puluhan hingga ribuan orang yang kemudian dibagi dalam beberapa kelompok. Suatu kelompok biasanya terdiri dari tiga sampai tujuh orang yang duduk melingkar, dan di setiap kelompok telah tersedia satu dulang yang di dalamnya terdapat sejumlah piring yang ditumpuk berisikan nasi dan berbagai macam lauk. Makan Bajamba biasanya dibuka dengan berbagai kesenian Minang, kemudian diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran, hingga acara berbalas pantun.

Pada peringatan HKP PKK Nasional ke-47, Kamis malam (25/7) itu, Makan Bajamba juga dimeriahkan dengan penyambutan tari galombang yang diiringi alat musik tradisional Minangkabau.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengapresiasi acara Makan Bajamba ini. Menurutnya, acara ini sangat menarik sekali dengan banyaknya peserta yang hadir dari berbagai daerah kabupaten/kota dan bahkan pengurus TP PKK se-Indonesia.

”Tradisi Makan Bajamba berarti makan bersama sambil duduk lesehan. Contohnya, pada saat makan, nasi diambil dan sambal yang diambil hanya yang berada di depan kita saja. Ketika tangan kanan menyuap nasi, tangan kiri berada di bawahnya untuk menghindari kemungkinan tercecernya nasi, jika ada nasi yang tercecer di tangan kiri, harus dipindahkan ke tangan kanan dan kembali dimasukkan ke dalam mulut,” jelas Irwan Prayitno, saat membuka kegiatan tersebut.

Meriahnya Peringatan HKG-PKK juga dihiasi dengan pelepasan kembang api yang disaksikan oleh Ketua Pusat TP-PKK Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Ketua TP-PKK Provinsi se-Indonesia serta kabupaten/kota lainnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sumbar, Syafrizal mengatakan, memang makan bajamba yang dilaksanakan Kamis malam (25/7) sengaja dihadirkan pada HKG PKK Nasional ke-47 ini. Ini merupakan upaya untuk melestarikan dan memperkenalkan tradisi budaya Minangkabau di tingkat nasional.

Selain Makan Bajamba, kegiatan HKG PKK diisi dengan pameran produk UP2k PKK pada Rabu (24/7). Kemudian juga ada lomba simulasi 10 program PKK, gala dinner dan penyerahan hadiah kepada pemedang lomba. Juga ada lomba bermain peran 10 program PKK dan fashion show baju adat dari seluruh daerah di Indonesia. Berikutnya, Jumat (26/7) diadakan seminar nasional PKK, dan festival memasak rendang.

Terakhir, Sabtu (27/7) usai penutupan HKG-PKK, dilanjutkan dengan kegiatan widyawisata. Para tamu dan undangan berwisata ke Kawasan Mandeh, di Kabupaten Pesisir Selatan dan ke Kota Bukittinggi. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional