Menu

Hiu Tutul Raksasa Mati Terdampar di Muara Surantih

  Dibaca : 130 kali
Hiu Tutul Raksasa Mati Terdampar di Muara Surantih
HIU TERDAMPAR— Warga beramai-ramai menyaksikan hiu tutul ukuran besaar yang mati terdampar di Muara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (26/10).

PESSEL, METRO
Ikan hiu jenis tutul yang memiliki nama latin Rhincodon Typus yang panjangnya sekitar tujuh meter panjang 7 meter terdampar di pantai kawasan Muara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (26/10). Namun, sayangnya ikan berukuran raksasa itu tak dapat diselamatkan hingga mati.

Terdamparnya ikan hiu tutul itu pertama kali diketahui oleh nelayan pukat hela di Pantai Lansano sekitar Muara Surantih, sekira pukul 10.00 WIB. Nelayan melihat ikan itu menepi ke pantai.

“Ikan hiu tutul atau biasa disebut ikan kanca-kanca oleh masyarakat setempat, terlihat menepi pagi tadi oleh nelayan yang akan memukat. Diperkirakan berat hiu tutul itu sekitar 2,5 ton,” sebut Irawan (28), salah sorang nelayan.

Irwan menerangkan, sebelum terdampar dan dibawa ke muara Surantih oleh nelayan. Beberapa kali, nelayan sudah berusaha menghalau hiu tersebut ke tengah laut. Namun, hiu tutul tersebut kembali menepi ke pantai hingga akhirnya hiu itu mati.

“Lima hari sebelumnya, beberapa orang nelayan sudah melihat hiu tersebut berputar-putar di tengah laut sekitar pulau yang berada di perairan Surantih. Tapi, ketika itu masih jauh dari tepi pantai,” ujarnya Irawan.

Irawan menuturkan, karena kembali menepi setelah di halau ke tengah dan mati, hiu itu dibawa masuk ke dalam kawasan Muara Surantih menggunakan perahu. Diduga, hiu itu memang sudah sakit sehingga menepi lalu mati.

“Hiu itu sudah mati saat dibawa ke muara. Saat ini hiu itu masih berada di dalamMmuara surantih. Tepatnya, di Tempat Pelabuhan Ikan (TPI) Surantih. Untuk informasi kapan dievakuasi,, kami belum tau, karena kalau untuk di bawa ke atas permukaan tidak bisa karena ukurannya cukup besar,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Nelayan Sutera, Ramadhan mengatakan, terkait adanya hiu yang terdampar pihaknya sudah melapor ke pihak Dinas Perikanan Pessel, Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang dan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi.

“Sudah kita laporkan, dan pihak DKP, BPSPL sudah di jalan menuju lokasi. Mudah-mudahan saja dalam waktu dekat, hiu tutul mati ini bisa dievakuasi sebelum membusuk,” ungkapnya. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional