Menu

Hingga September, 48 Permohonan Santunan Kematian Masuk

  Dibaca : 98 kali
Hingga September, 48 Permohonan Santunan Kematian Masuk
Ilustrasi (foto : NET)

AIAPACAH, METRO – Bagian Kesra Kota Padang sudah menerima 48 surat permohonan santunan kematian sejak Januari hingga September ini. Bahkan, dari permohonan tersebut, telah terealisasi mencapai 95 persen.

Proses pencairan santunan kematian itu langsung melalui rekening pemohon atau ahli waris yang mengajukan dan ditransfer langsung oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Padang.

Kepala Sub Bagian Bina Sosial Kesra Kota Padang, Hendri Satriawan mengatakan syarat dari penerima santunan kematian tersebut tentu terdaftar di Basis Data Terpadu (BDT) Dinas Sosial Kota Padang. Kemudian, memiliki surat kematian dari kelurahan jika meninggal di rumah dan rumah sakit apabila di rumah sakit, foto kopi KK, dan KTP.

“Permohonan yang masuk prosesnya memakan waktu paling lama 2 hari dan selanjutnya BPKA yang melanjutkan hingga ke rekening si pemohon,” ujar Hendri, Senin (9/9).

Untuk total anggaran dari Kesra, tidak bisa ditentukan jumlahnya. Pasalnya, musibah dan kematian tak dapat ditentukan datangnya.

“Yang jelas jika ada permohonan masuk dan syaratnya lengkap, maka kita siap terima dan usulkan ke BPKA Kota Padang. Total santunan kematian yang diterima ialah Rp1 juta dan pemberian diberikan dalam rangka membantu warga yang terkena musibah atau bisa disebut uang duka,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Kesra Kota Padang, Jamilus membenarkan hal itu serta mengatakan permohonan yang sudah cair hampir 95 persen dari surat yang masuk. “Kita berharap anggaran itu dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh ahli waris,” ujarnya.

Lalu, untuk tahun 2018 permohonan yang masuk ada 114, dan alhamdulillah terealisasi keseluruhannya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional