Menu

Hingga Akhir 2020, APD Covid-19 Mencukupi

  Dibaca : 119 kali
Hingga Akhir 2020, APD Covid-19 Mencukupi
KETERSEDIAAN APD— Kadis Kesehatan Solsel Dr H Novirman saat meninjau ketersedian APD Covid-19 di gudang farmasi.

Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Solok Selatan (Solsel) mencatat hingga akhir tahun atau untuk selama 2020 Alat Pelindung Diri (APD) untuk Covid-19 dikabupaten ini mencukupi. Hal ini terlihat dari jumlah ketersediaannnya di gudang farmasi.

“Periode Oktober hingga akhir tahun ini, APD untuk penanganan Covid-19 di kabupaten ini tersedia. Kami mencatat ada 3.000 set APD di gudang farmasi,”ujar Kadis Kesehatan Solsel Dr H Novirman, Rabu (7/10).

Dijelaskannya, 3.000 APD itu diantaranya seperti Baju Pelindung, Face Shield, sepatu boots da lainnya serta kelengkapan dalam rangka tracking untuk pemeriksaan Swab di lapangan. Jika melihat jumah itu, diyakini hingga akhir tahun ini alat APD untuk penanganan Covid-19 yang tersedia mencukupi. Semua perlengkapan itu berada di Gudang farmasi Dinas Kesehatan Solsel.

“Semua perlengkapan APD Covid-19 itu berada di gudang farmasi Dinas kesehatan dan selalu stand by untuk bisa dipergunakan ketika dibutuhkan,” ungkap Novirman.

Dia menyebutkan, kami sudah memperkirakannya, dimana saat ini Solsel sudah melakukan uji Swab sebanyak 3.500 lebih. Dimana kami selanjutnya akan mengambil uji Swab sebanyak 10.000 lagi hingga akhir tahun.

“Jika sudah tercapai, maka total uji Swab untuk Solsel mencapai 13.500. maka jika dikalkulasikan, sebanyak 7 persen dari jumlah penduduk telah diambil sampel Swab nya,” kata Novirman.

Dikatakan Novirman, untuk mencapai 10.000 sampel uji Swab lagi, pada pertengahan November, petugas KPU yaitu Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan dilakukan uji swab sebelum mereka bertugas. Setidak ada sekitaran 5.000 yang akan diambil sampel Swabnya.

Sisianya akan dilakukan melalui uji Swab ditengah masyarakat dan dari hasil tracking yang terdampak akibat pasien positif Covid-19. Hal ini, jika melihat sampai Akhir Desember kami yakin akan terpenuhi. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional