Menu

Hingga 17 Desember 2020, BPBD Catat Ada 194 Bencana Alam

  Dibaca : 437 kali
Hingga 17 Desember 2020, BPBD Catat Ada 194 Bencana Alam
BENCANA ALAM—Sepanjang tahun 2020 hingga 17 Desember, BPBD Agam mencatat 194 kali terjadi bencana alam di Kabupaten Agam.

AGAM, METRO
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, mencatat 194 peristiwa bencana alam yang terjadi di daerah Luak Agam itu hingga 17 Desember 2020. Berdasarkan data dari Pusdal Ops BPBD Agam, bencana alam yang terjadi seperti banjir, pohon tumbang, longsor, angin kencang, orang tenggelam, jalan amblas dan kebakaran lahan.

Kalaksa BPBD Agam melalui Kabid KL Syafrizal, Jumat (18/12) mengatakan, peristiwa bencana alam itu terjadi di seluruh nagari di kecamatan yang ada di Luak Agam. Dari 16 kecamatan yang ada, kecamatan sering terjadi bencana yaitu Kecamatan Lubuk Basung sebanyak 64 kejadian, didominasi bencana angin kencang.

Sedangkan kecamatan yang angka bencana alamnya rendah yaitu, Kecamatan Banuhampu satu kejadian. “Kabupaten Agam merupakan salah satu daerah rawan bencana di Sumatera Barat,” kata Syafrizal.

Dikatakan, selain angin kencang Agam juga sering dilanda banjir dan longsor, apalagi ketika hujan mendera wilayah itu. Dengan begitu, ia mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan, terutama bagi yang berada di wilayah rawan bencana.

Terutama masyaakat yang berada di kawasan sisi perbukitan, kawasan ini sangat rawan bencana alam longsor. Kemudian, yang bermukim di sepanjang bantaran sungai, karena belakangan tingginya curah hujan, maka pelu diwaspadai bencana banjir.

Menurutnya, kewaspadaan diri sendiri sangat penting dalam meminimalisir resiko bencana, supaya dapat menghindari terjadinya korban jiwa atau kerugian yang lebih besar. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional