Close

Hindari Sengketa Tanah, Pertanahan Kabupaten Padangpariaman Gelar  Penyuluhan PTSL  

SAMBUTAN—Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Padangpariaman Gatot Teja saat berikan sambutan.

PDG.PARIAMAN, METRO–Kepala Kantor Per­ta­nahan Kabupaten Padangpariaman Gatot Teja me­laksanakan penyuluhan program nasional Pendaf­taran Tanah Sistematis Lengkap  ( PTSL ). Penyuluhan PTSL dihadiri oleh sta­keholders diantaranya Inspektorat, Kejari Pariaman, Polres Padangpariaman, Camat, Kapolsek, Danramil Wali Nagari, KAN dan tokoh masyarakat setempat.

Gatot menjelaskan bahwa manfaat yang diperoleh dari program PTSL  di an­taranya masyarakat memiliki bukti sah kepemilikan tanah, menghindari konflik/sengketa tanah, dan membuat aset masyarakat yang bisa dijadikan jaminan bank untuk modal usaha.

“Ada lima nagari menjadi pilot project PTSL tahun ini yaitu Nagari Sungai Sarik, Lareh Nan Panjang, Ambuang Kapua dan Nagari Bisati,” kata Gatot Teja.

Dengan mendaftarkan tanah, tambahnya, maka yang masyarakat yang bersangkutan telah dinyatakan sah memiliki tanah tersebut. Dengan kepemi­likan sertifikat tanah ini diharapkan dapat menjamin kepastian hukum aset ta­nah masyarakat dan berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masya­rakat. “Kita punya target 22 ribu peta bidang tanah dan 15 ribu sertipikat. Jadi kami mohon dukungan seluruh masyarakat,” ujar Gatot.

Sementara Inspektur Hendra Aswara mengatakan pemerintah daerah apresiasi dan mendukung program PTSL. Ia mengajak Camat dan Wali Nagari terus mensosialisasikannya sehingga tumbuh kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan program PTSL ini.

“Kami apresiasi Kepala BPN Padangparaiaman Gatot Teja dan jajaran,  karena program ini gratis dari BPN Padangpariaman. Kecuali ada biaya materai dan lainnya,” kata Hendra.

Program PTSL, tambah Hendra, merupakan program nasional yang digagas Presiden Joko Widodo dan dilaksanakan oleh Badan Pertanahan Nasio­nal (BPN) serta merupakan terobosan yang dilakukan pemerintah untuk kepe­ngurusan sertifikat sehingga prosesnya menjadi cepat.

Penyuluhan PTSL juga dihadiri pejabat Kanwil BPN Sumbar, Kejari Pariaman, Perangkat Nagari , Unsur ninik mamak dan tokoh masyarakat setempat. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top