Close

Heru Masuk Nominasi 6 Besar Camat Berprestasi

PENILAIAN—Masuk nominasi 6 besar camat berprestasi tingkat Sumatera Barat, Tim Penilai melakukan verifikasi ke Kecamatan Salimpaung.

TANAHDATAR, METRO–Program Inovasi “Rajawali” yakni Rapat Kerja dengan Jajaran Wali Nagari yang digagas Camat Salimpaung Heru Rahman mengantarkannya masuk nominasi 6 terbaik Camat Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatra Barat Tahun 2022.  Menindaklanjuti ekspos Herru Rahman beberapa waktu lalu di Provinsi Sumatra Barat beberapa waktu lalu, Tim Penilai Kompetensi Camat lakukan verifikasi langsung ke Kecamatan Salimpaung untuk menilai yang terbaik, Rabu (21/9).

Tim penilai terdiri dari dua orang pamong senior yakni Drs. Alwi yang merupakan mantan Sekda pro­vinsi Sumbar, Drs. Mardi mantan Inspektur provinsi Sumbar, bersama Ketua Tim Verifikasi Andri Yulika Asisten Administrasi U­mum Setda Provinsi Sumbar bersama anggota di­sambut Sekda Iqbal Ramadi Payana dan Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Dikatakan Heru, Program Rajawali mengusung tema melaksanakan rapat koordinasi pemerintah Kecamatan dengan Wali Nagari di alam terbuka.  “Di kantor Kecamatan kita membuat sebuah ruang terbuka yang diberi nama Palanta Talampau Sayang singkatan Pelayanan Kecamatan untuk Tabek Patah, Lawang Mandahiling, Sa­limpaung, Sumanik, Situmbuk, dan Supayang,” sampainya.

Tidak hanya itu, Heru juga menyampaikan, sejak diberi amanah menjadi Camat Salimpaung, ber­bagai terobosan dan inovasi dilakukan dalam pe­ningkatan pelayanan, pem­bangunan, serta ikut mensukseskan isu strategis Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Fasilitasi pembangunan pasar Nagari Sumanik de­ngan pendekatan kepada masyarakat dalam upaya menciptakan Trantibum pada saat pra dan pasca pembangunan.

Inovasi Bidang Pelaksanaan Pembangunan, memfasilitasi kegiatan swadaya masyarakat dalam melaksanakan pembangunan sa­rana prasarana di Nagari seperti rabat beton di nagari Sumanik dengan panjang ruas 1.120 meter yang melibatkan perantau Su­manik.

Kemudian Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Iqbal Ramadi Payana mengatakan, dalam menentukan yang bakal mewakili Tanah Datar pada ajang kompetisi Camat, Pemda Tanah Datar tidak lantas menunjuk begitu saja. “Pemda telah melakukan seleksi yang sangat ketat, dari 14 camat diseleksi menjadi 6 besar, selanjutnya Camat Salimpaung terpilih menjadi yang paling berprestasi untuk mewakili Kabupaten Tanah Datar dalam ajang kompetisi Camat berpres­tasi ditingkat Propinsi Su­matera Barat,” kata Iqbal.

Sekda Iqbal meng­ung­kapkan, selain melaksanakan tugas dan fungsinya, Camat juga harus berperan sebagai perpanjangan tangan bupati di Kecamatan.

Sementara itu Ketua tim penilai Andri Yulika mengatakan, pada hakikatnya penilaian ini merupakan ajang pembinaan kepada Camat terkait dengan tugas pokok yang telah dilakukan.

“Untuk itu fokus penilaian akan dibagi dalam tiga bidang yaitu bidang Penyelengaraan Pemerintahan, Pelayanan Publik dan Pemberdayaan Ma­syarakat,” sampainya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top