Menu

Heru Ingatkan Potensi Penyelewengan Dana BOS di Rekening Sekolah

  Dibaca : 62 kali
Heru Ingatkan Potensi Penyelewengan Dana BOS di Rekening Sekolah
Mendikbudristek Nadiem Makarim diminta tetap memberlakukan persyaratan minimal 60 siswa bagi sekolah yang akan menerima dana BOS.

JAKARTA, METRO–Mendikbudristek Na­diem Makarim diminta te­tap memberlakukan persyaratan minimal 60 siswa bagi sekolah yang akan menerima dana BOS. Me­nurut Sekjen Federasi Se­rikat Guru Indonesia (FSGI) Heru Purnomo ketentuan tersebut akan membuat kepala sekolah dan guru makin kreatif.  Mereka akan memperlihatkan pro­duk unggulan sebagai nilai jual untuk menarik perhatian orang tua siswa. Baca Juga: Kabar Gembira dari Nadiem Makarim soal Dana BOS 2022, Alhamdulillah “Jumlah siswa yang sedikit mem­buat layanan pendidikan tidak sesuai harapan yang berakibat terjadi pem­borosan anggaran ne­gara,” kata Heru di Jakarta, Minggu (12/9).

 FSGI juga mengingatkan tentang potensi penyalahgunaan dana BOS. Penyaluran BOS memang melalui rekening sekolah, tetapi bukan berarti dana tersebut aman. Itu sebabnya, lanjut Heru, perlu fungsi kontrol dalam bentuk regulasi yang mengatur penyaluran BOS. Salah satunya mengatur ketentuan sekolah penerima dana BOS harus minimal 60 sis­wa.   “Mas Nadiem tidak perlu ragu me­lanjutkan kebijakannya demi pendidikan yang berkualitas dan berkeadilan untuk anak bangsa ini,” tegas Heru.

Selanjutnya, FSGI melihat adanya Permendikbudristek Nomor 16 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana BOS Kinerja (bagi se­kolah berprestasi) dan BOS Afirmasi (bagi sekolah khusus) dapat dijadikan motivasi bagi sekolah-sekolah dengan kondisi khusus untuk memenuhi persyaratan penerima dana BOS reguler.

Pasalnya, sesuai Permen­dik­bud ini hanya se­ko­lah penerima BOS reguler yang kemungkinan men­dapatkan BOS kinerja atau afirmasi. Baca Juga: Di­duga Korupsi Dana BOS, Mantan Kepala Sekolah Dijebloskan ke Tahanan Diketahui Surat Edaran Dirjen PAUD Dikdasmen Nomor 10231/C/DS.­ 00.01/2021 tentang Pembaharuan Dapodik untuk dasar penghitungan Dana BOS Reguler merupakan Petunjuk Pelaksanaan dari Permen­dik­bud No. 6 Tahun 2021 yang tertera dalam pasal 3 ayat 2 huruf d. Pada petunjuk pelaksanaan ter­sebut , sekolah penerima dana BOS reguler men­sya­­rat­kan memiliki minimal 60 mu­­rid dalam tiga tahun ter­akhir.

Dengan demikian, kata Plt. Kepala Biro Kerja sama dan Hubungan Masya­ra­ kat Kemendikbudristek Anang Ris­tanto jika ada sekolah yang diselenggarakan oleh ma­syarakat dengan jumlah peserta didiknya di bawah itu maka tidak akan memperoleh BOS dari pemerintah. (esy/jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional