Close

Hermanto Bantu Petani Alsintan dan Pompa Air di Sawah­lunto

SERAHKAN-Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto bersama Walikota Sawahlunto Deri Asta menyerahkan bantuan kepada kelompok tani yang ada di Sawahlunto.

SAWAHLUNTO, METRO–Anggota Komisi IV D­PR RI Hermanto me­nya­lurkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) ke kelompok tani di Sawah­lunto. Alsintan tersebut berupa 1 unit traktor roda 4, kemudian 5 unit traktor roda 2 dan 4 unit pompa air 3 inchi di Dinas Keta­hanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Sa­wahlunto, Selasa (27/7).

Hermanto berpesan agar kelompok tani yang menerima alsintan tersebut dapat merawat alsintan itu dengan baik se­hingga bisa digunakan dengan optimal dan berumur panjang. Jika ada kendala teknis, dapat dikoordinasikan pada Dinas Ke­tahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan.

“Silahkan digunakan untuk memaksimalkan pengolahan lahan pertanian yang tentunya berbuah pada peningkatan hasil panen. Jangan lupa dirawat mesin – mesin ini, sehingga semua anggota kelompok dapat menggunakan dan mesin ini berumur panjang,” pesan Hermanto.

Dari data yang dilaporkan Dinas Ketahanan Pa­ngan, Pertanian dan Perikanan, untuk bantuan traktor roda 2 diberikan kepada Keltan Tampang Jaya (Desa Talawi Mudiak), Keltan Ngalun Indah Sakato (Desa Talawi Mudiak), Keltan Ibus (Desa Salak), Keltan Maju Bersama (De­sa Talawi Hilir), Keltan Kumbalau Sukses (Desa Kolok Nan Tigo).

Kemudian untuk bantuan pompa air 3 inchi, itu diberikan kepada Keltan Sinar Kakao (Kelurahan Lubang Panjang), Keltan Guguak malintang (Desa Kubang Utara Sikabu), Keltan Palokuik (Desa Ku­bang Utara Sikabu), Kel­tan Muda Mandiri Stasiun (De­sa Silungkang Ti­go).

Sementara, untuk bantuan traktor roda 4, dise­rahkan kepada Brigade Alsintan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Sawahlunto. Brigade Alsintan ini yang mengelola traktor roda 4 tersebut untuk digunakan bergiliran oleh kelompok – kelompok tani yang mem­butuhkan.

Walikota Sawahlunto Deri Asta mengatakan, bantuan Alsintan yang disalurkan anggota Komisi IV DPR RI Hermanto ini sangat berperan strategis dalam membantu me­ningkatkan pengolahan lahan pertanian di Sawah­lunto.

“Kami menyampaikan terimakasih banyak kepada bapak Hermanto. Ini bantuan yang sangat besar artinya bagi para pe­tani Sawahlunto. Memang dalam pengolahan lahan ini, jauh sangat terbantu jika sudah menggunakan alat/mesin. Yang jelas pekerjaan terjangkau lebih luas dengan waktu yang lebih cepat,” kata Deri. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top