Close

Herman Sofyan Bantu Pengadaan Karpet 10 Masjid di Kecamatan Guguk Panjang

BANTUAN— Sebanyak 10 masjid dan mushalla di Kecamatan Guguk Panjang menerima bantuan karpet shalat dari anggota DPRD Kota Bukittinggi, Herman Sofyan.

BUKITTINGGI, METRO–Sebanyak 10 masjid dan mushala di Kecamatan Guguk Panjang, menerima bantuan karpet sholat dari anggota DPRD Kota Bukittinggi, Herman Sofyan. Bantuan karpet sholat ter­sebut merupakan usulan pokok pikiran (Pokir) Herman Sofyan untuk Rencana Kerja Pemerintah Dae­rah (RKPD) 2021 melalui Bagian Kesra Setdako Bukittinggi.

Untuk RKPD 2021, kita alokasikan sebagian dana pokir untuk pengadaan karpet sholat. Total anggaran pengadaan karpet sholat ini adalah sebesar Rp 570 juta untuk 10 masjid dan mushala di Kecamatan Guguk Panjang,” kata Herman Sofyan, usai menye­rahkan bantuan karpet sholat untuk Masjid Nurul Iman Lapau Batu Bukit Apit, Senin (8/11)..

Ia mengatakan, 10 mas­jid dan mushala yang menerima bantuan pengadaan karpet sholat itu  yakni Masjid Jamik Tarok Kelurahan Tarok Dipo, Masjid Mubarak Stasiun Kelurahan Tarok Dipo, Masjid Nurul Haq Kampung Cina Kelurahan Benteng Pasar A­tas, Masjid Al Abrar Achmad Mochtar Kelurahan Kayu Kubu, dan Masjid Nurul Iman Lapau Batu Keluran Bukit Apit Puhun.

Kemudian Masjid Da­russalam Gurun Panjang Kelurahan Tarok Dipo, Mas­jid Darul Ikhlas Jalan Pemuda Kelurahan ATTS, Mushalla Al Ihsan Sumurapak dan  Mushalla Aqabah di Kelurahan Tarok Dipo, serta mushalla Al Hidayah Muslimin Kelurahan Kayu Kubu.

Masing-masing masjid dan mushala menerima bantuan pengadaan karpet sebesar Rp 60 juta, kecuali mushalla Al Hidayah Muslimin Kayu Kubu, yang menerima bantuan pengadaan karpet sebesar Rp 30 juta.

Pokir berupa pengadaan  karpet sholat ini kita berikan dalam bentuk ba­rang, bukan dalam bentuk uang tunai. Kita berharap bantuan karpet ini bisa  bermanfaat bagi pengurus dan jamaah masjid  dalam  meningkatkan aktivitas ibadah,” ujar Herman Sofyan.

Selain pengadaan karpet tambahnya, dana pokir untuk RKPD 2021 juga dialokasikan untuk peningkatan kapasitas SDM pelaku tranportasi darat (sopir dan kernet angkot) melalui SKPD Dinas Perhubungan sebesar Rp 147.654.000.

Kemudian untuk peningkatan kapasitas  SDM pelaku seni dan budaya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud)  sebesar Rp 175 Juta, peningkatan kapasitas S­DM bagi pelaku UMKM se- Bukittinggi melalui Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan sebesar Rp 175 juta, serta pelaksanaan even even pencak silat untuk perguruan silat melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) sebesar Rp 125 juta.

“Jadi total pokir kita untul RKPD tahun ini ada sekitar Rp1,1 miliar lebih. Semoga alokasi  dana pokir melalui SKPD terkait ini  bisa bermanfaat sesuai peruntukannya,” ujar Herman Sofyan, anggota DP­RD dari Fraksi Gerindra ini.

Ketua masjid Nurul I­man Lapau Batu Bukit Apit Puhun, H.Eddi Novra menyampaikan terima kasih kepada Herman Sofyan atas bantuan karpet yang diberikan.

Menurutnya, usulan ban­tuan karpet sholat ini sudah diajukan kepada Herman Sofyan  sejak 2019, dan akan direalisasikan di akhir 2020. Namun karena keterbatasan anggaran,  maka tahun ini baru bisa direalisasikan. “Kami atas nama pengurus dan jemaah masjid sangat ber­terima kasih kepada Herman Sofyan yang telah merealisasikan usulan ka­mi. Mudah-mudahan jemaah masjid berbagia de­ngan adanya karpet sholat yang baru ini,” ujarnya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top