Menu

Hening Cipta Indonesia untuk Korban Covid-19,Syamsuir: Doa Senjata Orang Beriman

  Dibaca : 121 kali
Hening Cipta Indonesia untuk Korban Covid-19,Syamsuir: Doa Senjata Orang Beriman
Plt. Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Syamsuir berdoa pada saat Kementerian Agama menggelar ‘Hening Cipta Indonesia’ serentak untuk masyarakat yang wafat karena Covid-19 sekaligus mendoakan pandemi segera berakhir.

PADANG, METRO–Kementerian Agama menggelar kegiatan He­ning Cipta Indonesia se­rentak di seluruh Indonesia. Hening Cipta ini se­bagai upaya mendoakan masyarakat yang telah wafat karena Covid-19 se­ka­ligus mendoakan pan­demi ini segera berakhir.

Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Su­matra Barat juga ikut meng­gaungkan kegiatan dengan keyword Hening Cipta Indonesia ini, digelar secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan), Sabtu (10/7/2021) pukul 10.07 WIB.

Kepala Kabag TU, H. Irwan menyampaikan He­ning Cipta Indonesia ini dihadiri Kepala Kanke­me­nag Kabupaten Kota se Sumatra Barat bersama jajaran Madrasah dan KU­A, Penyuluh, Penghulu ser­ta tokoh masyarakat.

“Setidaknya ada seki­tar 280 peserta yang ikut secara daring melalui apli­kasi zoom meeting di ru­mah masing-masing. Se­men­tara untuk luring di ruang kerja Kakanwil ka­rena PPKM Mikro, hanya diikuti Kakanwil dan pej­a­bat eselon III dita­mbah pelaksana kegiatan,” te­rang Kabag TU usai acara.

Sementara itu, Plt. Ke­pala Kanwil Kemenag Sum­bar, H. Syamsuir menyam­paikan kegiatan Hening Cipta Indonesia ini pang­gilan batin kita untuk ber­be­lasungkawa bagi masya­rakat Indonesia yang telah wafat karena Covid 19. Bukan hanya masyarakat, relawan dan tenaga kese­hatan juga menjadi korban.

“Kita doakan mereka yangjadi korban kega­na­san Covid 19. Semoga men­dapat tempat terbaik di sisi Allah SWT. Bagi yang masih menjalani pera­wa­tan agar diberi kesem­bu­han. Tak lupa bagi masya­rakat yang dalam kondisi sehat untuk tetap menja­lankan Protokol Kesehatan (Protkes) dengan baik,” tutur Kakanwil.

Selain itu, lanjut Mantan Kabid Urais ini, Hening Cipta Indonesia salahsatu upaya Kementerian Aga­ma untuk melangitkan doa agar pandemi covid 19 segera berakhir.

Tak lupa ia me­ne­kan­kan kepada seluruh jajaran Kementerian Agama se Sumatra Barat agar lebih intens mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menerapkan Protkes de­ngan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi keru­mu­nan, mengurangi mobilitas dan mendoakan agar Co­vid 19 segera sirna.

Kanwil Kemenag juga telah melaksanakan WFH (Working From Home) atau bekerja dari rumah. Hanya 25 persen dari jumlah pe­ga­wai yang bekerja di kan­tor (Working From Office).

“Ini juga salahsatu upa­­ya kita menekan laju­nya penyebaran covid 19 su­paya korban tidak se­ma­kin bertambah. Di­samping men­­jalan SE Men­teri Agama, saat ini juga se­dang dibe­lakukan PPKM Mikro oleh Peme­rintah Provinsi Su­matra Barat di 4 kabupaten kota termasuk Kota Pa­dang,” tukas Kakanwil.

Teruslah Berdoa

Usai menggelar Hening Cipta Indonesia secara serentak se Indonesia, Minggu (11/7), Kemen­te­rian Agama kembali mengi­nisiasi kegiatan #Pray­FromHome, Dari Rumah untuk Indonesia. Kegiatan ini dihadiri Presiden re­publik Indonesia, Joko Wi­dodo secara virtual bersa­ma Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Kabinet Indonesia Bersatu.

Ikut serta dalam kegia­tan virtual ini, pimpinan lembaga tinggi negara, gubernur, bupati walikota beserta Forkopimda, Ke­pala Kanwil Kemenag se Indonesia serta tokoh dan umat lintas agama kurang lebih 10 ribu orang.

Presiden mengajak se­luruh masyarakat Indonesia untuk terus berdoa a­gar bangsa ini diberikan kekuatan menghadapi u­jian pandemi Covid-19. Jokowi juga mengajak selu­ruh elemen bangsa untuk bersama-sama mengatasi pandemi covid-19.

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, tidak bisa menyelesaikan masa­lah ini sendirian. Semua pihak harus berkolaborasi, berkerjasama saling tolong menolong, bergotong ro­yong untuk mengatasi ujian yang melanda ini,” ungkap Presiden Jokowi Dodo de­ngan penuh harapan.

Sementara seb­e­lum­nya, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dalam sam­butannya mengajak selu­ruh masyarakat Indonesia untuk selalu waspada, selalu mengi­kuti protokol kesehatan yang ketat.

“Mari kita bekerja dari rumah, beribadah dari ru­mah dan juga berdoa dari rumah serta untuk semen­tara waktu, kita me­niada­kan peribadatan di rumah-rumah ibadah un­tuk meng­hindari kerumu­nan,” pe­sannya mengi­ngatkan.

Di tempat terpisah, Plt. Ke­pala Kanwil Kemenag Sum­bar, H. Syamsuir yang mengikuti kegiatan #Pray­FromHome ini secara virtual bersama Kabag TU, Kepala Bidang dan Pem­bimas ikut mendoakan ma­syarakat Indonesia yang terkena Covid 19 segera sembuh.

Kakanwil didampingi Ketua Dharmawanita, Ny. Hj. Yenti Syamsuir yang ikut hadir secara virtual juga mengajak masyarakat Sumatra Barat untuk terus melangitkan doa agar wa­bah ini segera berakhir dari Indoensia dan Suma­tra Barat khususnya. (rel/hsb)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional