Close

Hendri Septa: Tingkat Konsumsi Ikan Warga Masih Rendah

Hendri Septa Wali Kota Padang

AYANI, METRO–Tingkat konsumsi ikan warga kota Padang ternyata masih kecil. Hal itu terungkap dari data hasil survey ekonomi nasional (Susenas) yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik dengan menunjukkan bahwa angka konsumsi ikan masyarakat Kota Padang pada skala rumah tangga sebanyak 41,23 Kg/kapita/tahun pada tahun 2021.

Artinya, rata-rata masyarakat Kota Padang makan ikan sebanyak 112,95 gram/hari. Ini dikatakan masih jauh dari kondisi ideal. Karena idealnya setiap orang makan 1,5 ons sehari.

“Berdasarkan data tersebut kita mengetahui tingkat konsumsi ikan warga kita masih kurang bagus. Perlu ada gerakan makan ikan pada seluruh lapisan masya­rakat,­”ung­kap walikota Padang, Hen­dri Septa.

Salah satu upaya untuk meningkatkan daya konsumsi ikan warga kota Padang terhadap ikan me­nurut Hendri Septa salah satu caranya adalah dengan mengadakan lomba yang diadakan oleh Dinas Perikanan dan Pangan.

Menurutnya, lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang bekerjasama dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Padang itu, penting dilakukan sebagai salah satu upaya mengajak masyarakat terutama generasi muda membudayakan gemar memakan ikan di dalam kehidupan sehari-hari.

“Lomba ini sangat tepat dilakukan, karena manfaat makan ikan ini sangat banyak. Terutama sekali memperbaiki dan meningkatkan nilai gizi makanan bagi kita,”katanya.

Tak hanya itu, memakan ikan juga dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan sekaligus ikan hasil tangkapan nelayan dan hasil produksi budidaya dapat terpakai.

“Sehingga mendorong petani/nelayan semakin giat mencari ikan karena pendapatannya menjadi meningkat,”ungkap Wali Kota Padang sewaktu mem­buka lomba yang diikuti antar perwakilan dari 11 kecamatan se-Kota Pa­dang itu.

Sementara itu, Ketua Forikan Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa me­nyebutkan, dari berbagai kegiatan yang telah dilakukan pihaknya untuk meningkatkan angka konsumsi ikan terbilang sudah menuai hasil sejauh ini.

“Untuk menjawab tantangan tersebut salah satu upaya kita yaitu melalui lomba masak serba ikan kali ini. Kita berharap gaung­nya sampai kemana-mana, sehingga warga Padang dimana saja berada selalu gemar memakan ikan. Apalagi mengkonsumsi ikan juga penting dalam mencegah stunting (gizi buruk) pada anak balita sejak dini,”tutur Genny. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top