Close

Hendri Septa Tertarik dengan Penataan Heritage ala Menantu Presiden

SERAHKAN OLEH-OLEH— Wako Padang Hendri Septa menyerahkan oleh-oleh untuk Wali Kota Medan Bobby Nasution, usai pertemuan di Balaikota Medan, Kamis (18/11).

MEDAN, METRO–Pemko Padang tertarik de­ngan konsep penataan heritage yang diusung Wali Kota Medan Bobby Nasution, terutama pem­benahan kawasan Kota Lama Kesawan yang menggabung­kan konsep keindahan bangu­nan tua dan kelezatan aneka kuliner di Kota Medan, sehingga menjadi “The Kitchen of Asia”. Selain membangkitkan pari­wisata, juga diharapkan dapat menggerakkan kembali pere­konomian.

Ketertarikan itu terungkap saat Bobby Nasution menerima kunjungan Wali Kota Padang Hendri Septa beserta rom­bongan di Balai Kota Medan, Kamis (18/11). Dikatakan Bobby Nasution, kawasan kesawan yang merupakan heritage, termasuk keberadaan UMKM demi terwujudnya The Kitchen of Asia merupakan salah satu dari lima program prioritas Pemkot Medan saat ini.

“Kota Medan tidak memiliki destinasi wisata, seperti gu­nung dan laut. Untuk itu kita menjadikan kawasan heritage sebagai destinasi wisata dan memadukannya dengan aneka kuliner dari berbagai etnis yang dimiliki. Kota Medan harus memiliki kawasan yang bisa dijual untuk me­nopang perekonomian da­lam segi destinasi pari­wisata. Ditambah lagi Kota Medan memiliki banyak bangunan bersejarah, se­hingga harus diman­faat­kan,” kata menantu Pre­siden RI tersebut.

Guna mendukungnya, jelas Bobby, Pemko Medan akan menyelenggarakan Pekan Kuliner Kondang yang akan menyajikan ber­bagai kuliner dari pelaku UMKM di seputaran ge­dung tua Warenhuis yang merupakan bangunan supermarket pertama di Kota Medan, Jumat (19/11).

“Kami berharap Bapak Wali Kota Padang dapat hadir dan menyaksikan pertunjukan tersebut,” ha­rapnya.

Selain pembenahan ka­wasan heritage, lanjut Bob­by, 4 program prioritas lain­nya, penanganan bidang kesehatan, pembenahan infrastruktur, kebersihan, dan mengatasi persoalan banjir. Di samping itu, lan­jut­nya, Pemko Medan juga memiliki 2 program pe­nunjang, yakni pening­katan Pendapatan Asli Da­erah (PAD) disertai kemu­dahan investasi. Kemu­dian, peningkatan daya saing serta peningkatan ketentraman dan keter­tiban umum untuk Medan yang kondusif.

“Di samping itu untuk program prioritas tamba­han lainnya, diantaranya peningkatan UMKM mela­lui program sakasanwira (satu kelurahan satu sentra wirausaha, marketplace serta program masjid man­diri,”  jelas Bobby.

Sementara itu Wali Ko­ta Padang Hendri Septa menjelaskan, maksud ke­datangannya beserta jaja­ran adalah untuk mencari masukan dalam berbagai program yang dilakukan Pemko Medan, sehingga nantinya dapat membe­rikan yang terbaik bagi masya­rakat Kota Padang. Dengan masukan yang diperoleh, jelas Hendri, Pemko Padang dapat me­nyiapkan diri men­jadi kota metropolitan di Sumatera Barat.

“Kami senang melihat program Pak Wali, teru­tama yang  terkait bangu­nan tua. Kami berharap Kota Padang dapat mem­bangun kembali bangunan-bangunan tua sehingga dapat mewujudkan kem­bali ikon Kota Padang. Dengan adanya perte­mu­an ini, kedepannya Saya berharap agar Pemko Me­dan dan Pemko Padang dapat menjalin kerja sama di bidang pendidikan, per­dagangan dan tourism,” harap Hendri. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top