Close

Hendri Septa Motivasi CPNS dan P3K Pemko, Sudah 1.096 Peserta Ikuti Seleksi Ujian, 5 Positif Corona

TINJAU SELEKSI CPNS— Wako Padang Hendri Septa melihat langsung ujian seleksi penerimaan CPNS dan P3K Pemko Padang, Selasa (21/9) di Balaikota, Aiepacah. Hingga hari keenam seleksi, sudah 1.096 peserta yang mengikuti ujian, 99 orang tak hadir dan 5 peserta positif Covid-19.

AIAPACAH, METRO–Wali Kota Padang Hendri Septa, Selasa (21/9), hadir langsung memberikan motivasi bagi para peserta seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Pemerintah Kota (Pemko) Padang di tahun 2021 ini.

Diketahui, pelaksanaan seleksi yang diselenggarakan di Kantor Balai Kota Padang Aie Pacah itu, berlangsung selama sepuluh hari yakni 15-25 September 2021.

Wako Hendri pun berharap kepada Calon Apa­ratur Sipil Negara (CASN) tersebut untuk berhasil dan sukses mengikuti seleksi tersebut. “Selain persiapkan diri dan kemampuan, kita semua jangan lupa berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa. Juga tak lepas ridho dari orang tua dan keluarga tentunya,” sebutnya.

Tak hanya itu orang nomor satu di Kota Padang itu juga menyampaikan harapan bagi para lulusan CPNS Pemko Padang tahun ini nantinya menjadi apa­ratur yang memiliki sikap disiplin, integritas, loyalitas dan dedikasi yang tinggi.

“Ini sangat penting dimiliki seorang ASN untuk meningkatkan produktifitas. Dengan produktifitas maka akan ada kreatifitas dan inovasi yang kemudian melahirkan prestasi. Maka dari itu, CPNS saat ini adalah amunisi milenial yang akan meningkatkan kinerja Pemko Padang ke depan, yang tentunya men­­dukung visi-misi dan program unggulan (progul) Kota Padang,” kata wako.

Sementara itu pada saat yang sama Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang Arfian me­nyebutkan, untuk pelaksanaan seleksi ini di dalam satu harinya dibagi kepada 4 sesi dimana setiap sesi diikuti sebanyak 50 peserta.

“Total peserta yang melamar dalam seleksi penerimaan CPNS tahun ini adalah yang memenuhi syarat administrasi sebanyak 4.949 peserta. Terdiri dari untuk formasi CPNS 2.048 peserta, P3K Non Guru 14 orang dan P3K Guru 2.887 peserta. Itu kondisi sampai dengan pelaksanaan tes CPNS sampai hari ini,” jelasnya.

Arfian melanjutkan, Selasa 21 September 2021 yang diperkirakan pada hari keenam pelaksanaan tes hadir 1.200 peserta namun yang hadir mengikuti tes hanya 1.096 peserta dengan tidak hadir 99 orang dan terkena Covid-19 ada 5 orang.

“Khusus peserta tes yang didapati terpapar Covid-19 panitia membuatkan waktu khusus untuk mengikuti tes yang direncanakan pada 26 September 2021 nanti. Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama seluruh pihak seleksi peneriman CPNS atau P3K ini dapat berjalan lancar tentunya. Dimana ikut langsung mengawasi pelaksanaan tes ini adalah dari Kantor Regional XII BKN Pekanbaru,” harapnya.

Lebih lanjut Arfian me­maparkan, adapun kuota penerimaan CPNS atau P3K Pemko Padang tahun ini dari BKN adalah total berjumlah sebanyak 606 orang. Dimana untuk P3K Guru diterima sebanyak 476 orang dan 130 untuk CPNS untuk formasi tenaga teknis ada 12 orang ditempatkan di dinas kesehatan dari P3K dan 118 orang untuk formasi CPNS kategori umum.

“Sebenarnya kebutuhan pegawai di Pemko Pa­dang masih sangat jauh dimana kondisi saat ini PNS yang ada baik PNS dan P3K berjumlah lebih ku­rang 8.575. Padahal kebutuhan kita ada 17.600 lebih. Jadi kita masih keku­rangan sekitar 9.068 lagi,” tukasnya.

Dalam seleksi penerimaan CPNS dan P3K tahun ini sambung Arfian lagi, seperti biasa para peserta mengikuti proses seleksi yang dimulai seleksi administrasi, lalu mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) diantaranya melaksanakan ujian Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP) hingga Tes Wawasan Kebangsaan (TKB) sampai pada wawancara.

Dalam kesempatan itu juga hadir mendampingi wali kota diantaranya Asisten Administrasi Umum Didi Aryadi, Kepala Bagian Umum Bobby Firman, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Ances Kurniawan, Kepala Bagian Prokopim Amrizal Rengganis serta lainnya. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top