Close

Hendri: ASN Kemenag harus Mampu jadi Manusia Shaleh

TERIMA CENDERA MATA— Ka Kanwil Kemenag Sumbar H. Hendri menerima cendera mata dari Ka Kankemenag Tanahdatar H. Syahrul satu buah buku kumpulan pantun ASN dan DWP Kemenag Tanahdatar dengan Judul “Goresan Tinta Emas Tak Berujung”.

TANAHDATAR, METRO
Ka Kanwil Kemenag Sumbar H.Hendri didampingi Ka Kankemenag Kabupaten Tanah Datar H. Syahrul bertatap muka dengan para Kepala Urusan Agama (KUA), Penghulu dan Penyuluh Agama Islam Non ASN se-Tanahdatar di aula Kemenag Kamis (6/5).

Pertemuan yang digelar dalam agenda Rapat Koordinasi dan Konsultasi Paham Keagamaan dan Kepustakaan tersebut juga dihadiri Kasubbag TU, para Kasi , Penyelenggara dan ASN Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar.

Kasi Paham Keagamaan dan Kepustakaan pada Bidang Urais Binsar Kanwil Kemenag Sumbar Yasril selaku Ketua pelaksana kegiatan melaporkan, peserta Rapat Koordinasi dan Konsultasi itu diikuti para KUA dan Penghulu sebanyak 23 orang, Penyuluh Agama Islam fungsional dan Non ASN sebanyak 22 dan ditambah 3 orang Pengurus Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FK PAI) Tanahdatar, dengan tetap mematuhi Protokol Covid-19.

“ASN Kemenag harus mampu menjadi manusia yang soleh, moderat, cerdas dan unggul ditengah masyarakat,” tegas Ka Kanwil Kemenag Sumbar H. Hendri.

Dia menjelaskan selaku Bangsa Indonesia kita harus mematuhi dan menjalankan Komitmen Kebangsaan dengan 4 (Empat) Pilar Kebangsaan Indonesia diantara Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Orang yang menjalankan Komitmen Kebangsaan adalah orang yang moderat, dan toleransi terhadap perbedaan. Seorang yang ilmunya tinggi maka toleransinya semakin tinggi pula.

Sedangkan seorang yang In toleransi ialah orang yang selalu menentang perbedaan. Sebagai seorang ASN, Kepala KUA, Penghulu dan Penyuluh Agama Islam harus melakukan moderasi bergama.

“Kepada Kepala KUA Kecamatan , Penghulu , Penyuluh Agama Islam dan ASN Kemenag untuk dapat menyampaikan hal tersebut kepada dan masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing.”ingatnya.

Sementara Ka Kankemenag Tanah Datar H. Syahrul dalam sambutannya melaporkan yang hadir dalam acara ialah para Kepala KUA Kecamatan, Penghulu, Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Penyuluh Agama Islam Non ASN serta Kasubbag TU, Kasi, Penyelenggara dan ASN pada Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar.

Selanjutnya Ka Kankemenag menyampaikan selama bulan suci Ramadhan ASN Kemenag Tanah Datar menyelenggarakan kegiatan Keagamaan diantaranya MTQ tingkat SD/MI Udara lewat Radio Luhak Nan Tuo melalui Frekwensi 102.5 FM. Dan praktek Penyelenggaraan Jenazah seta melakukan kegiatan Kultum usai shalat Zuhur berjamaah di Mushalla Al Ikhlas Kemenag Tanah Datar. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top